Ratusan Warga Cigempol Karawang Keracunan Akibat Bocornya Caoustic Soda PT Pindo II

Kamis, 3 Juni 2021 16:54 WIB

Share
Warga sekitar PT Pindo II dievakuasi ke kantor desa dan dilarikan ke rumah sakit akibat kebocoran gas caostic soda. (foto:Asl)

KARAWANG, POSKOTAJABAR.CO.ID

PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II (Sinarmas Grup) untuk kesekian kalinya meracuni warga sekitar pabrik atas bocornya gas caustic soda, Kamis (03/06/2021) pukul 11.30 wib.

Sontak, ratusan warga Kampung Cigempol RT 01 dan 02, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel keracunan akibat kebocoran gas beracun itu. Beberapa orang korban jatuh pingsan dan dilarikan ke rumah sakit.

Pantauan di lokasi kejadian, korban dievakuasi di Kantor Desa Kutamekar. Terlihat, belasan mobil ambulance masih terus berupaya melakukan evakuasi menjemput warga di rumahnya masing-masing. Bahkan ada warga harus dipasang alat bantu pernapasan.

Salah seorang warga yang menjadi korban, Ina Marlina (18) mengatakan, awal ada asap berwarna putih, Kamis (03/06/2021) sekitar pukul 11.30 wib, mata perih kemudian bau menyekat dan sesak napas serta mual pengen muntah.

"Kejadian ini sering terjadi dan di tahun 2021 sudah dua kali, terakhir saat bulan puasa kemarin namun tidak parah. Kebocoran gas ini yang paling parah," kata Ina di Kantor Desa Kutamekar.

Korban lainnya, Pendi (48) menuturkan, ia yang rumahnya berjarak satu kilometer masih tercium bau menyekat gas beracun. Dirinya bersama keluarganya langsung mengungsi ke Kantor Desa Kutamekar, karena sudah tidak kuat menghirup gas tersebut.

"Rasanya sesak, bau menyengat sampai tenggorokan rasanya kering banget. Masih banyak warga yang belum dievakuasi, sebagian warga ada yang dilarikan ke rumah sakit," jelas Pendi.(asl)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler