Permudah Layanan Masyarakat, Pengadilan Negeri Kota Sukabumi Luncurkan Aplikasi e-SUKA

Jumat, 4 Juni 2021 17:17 WIB

Share
Kepala Pengadilan Tinggi Bandung Bersama Muspida Kota Sukabumi meremikan aplikasi e- SUKA (Pendaftaran Surat Kuasa), dan Aplikasi elektornik Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). (foto:hendra)

SUKABUMI,POSKOTAJABAR.CO.ID

Ketua Pengadilan Tinggi Bandung,  Abdul Kadir, meresmikan
aplikasi  e- SUKA (Pendaftaran Surat Kuasa), dan Aplikasi elektornik Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),  di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Kota Sukabumi, Sukabumi, Kamis (03/06/2021).

Ketua Pengadilan Tinggi Bandung,  Abdul Kadir, mengungkapkan, seiring dengan perkembangan teknologi informasi, dan komunikasi, Mahkamah Agung terus berupaya meningkatkan berbagai inovasi yang mendukung profesionalisme aparat pengadilan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Selain itu, untuk mendorong terwujudnya demokrasi birokrasi di lembaga pengadilan. Salah satunya adalah upaya untuk mewujudkan zona intregarsi menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi yang bersih,"ujar dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Sukabumi, Thomas Tarigan menjelaskan, aplikasi tersebut  merupakan inovasi hasil kerja keras tim agen perubahan Pengadilan Negeri Kota Sukabumi.

"e-SUKA adalah sebuah instrument pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat. Dalam hal ini pendaftaran surat kuasa, dan PNBP secera online," katanya.

Dengan diresmikannya aplikasi ini, lanjut Thomas, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dalam fungsinya menerima pendaftaran surat kuasa dan PNBP secara online. Tujuannya, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Yang jelas, adanya aplikasi ini bisa benar-benar  dimanfaatkan dalam mewujudkan manajemen peradilan yang bersih, transparan, akuntabel dan berorentasi kepada keberhasilan penegakan hukum di indonesia khususnya di Kota Sukabumi," tandasnya.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi,  yang berkesempatan hadir dalam peresmian tersebut, sangat mengapresiasi dengan hadirnya  aplikasi e- SUKA  dan Aplikasi elektornik Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Terlebih, aplikasi ini merupakan yang pertama dan belum ada di daerah lain.

"Kami berharap dengan adanya aplikasi e-SUKA, masyarakat menjadi mudah ketika menyampaikan surat kuasa, serta dapat mengatasi pandemi Covid dengan  semakin meminimalisir penyebaran Covid 19,"singkatnya. (Hendra)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler