Sekda Garut Hadiri Gotong Royong Warga Bersihkan Sedimentasi Sungai Cimaragas

Sabtu, 5 Juni 2021 20:52 WIB

Share
Sekda Kabupaten Garut Drs Nurdin Yana Bersama Anggita DPRD Garut dari PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan. (foto:Undang)

GARUT, POSKOTAJABAR.CO.ID

Sekertaris Daerah Kabupaten Garut H Drs. Nurdin Yana menghadiri kegiatan aksi gotong royong dalam momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 bersama ratusan warga dari tiga kelurahan, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut

Aksi gotong royong tersebut diprakarsai oleh PDI Perjuangan Kabupaten Garut yang dipmpin langsung oleh Ketua DPC PDI P Yudha Puja Turnawan dengan membersihkan Sungai Cimaragas bertempat di Kampung Dayeuh Handap Kelurahan Kota Kulon, Sabtu  (05/06/2021).

"Kami mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pak Yuda terkait kegiatan ini yang pemberangkatan adalah ketika pak Yuda mendapat informasi dari masyarakat guna pelaksanaan pengerukan sedimentasi aliran DAS Cimaragas," ucapnya.

Dikatakan Sekda, ada hal yang memang hari ini seolah olah masyarakat tidak mendapatkan aliran air yang semestinya masuk ke sini karena disinyalir di daerah Cimaragas di sungai  itu sendimennya cukup tinggi. 

"Kami melihat Sedimentasi Sungai Cimaragas Dayeuhandap ini cukup tinggi, sehingga perlu adanya pengerukan," ujarnya.

Menurutnya agar penggelontoran air dari hulu ke perkotaan bisa mengalir dengan normal. 

Pihaknya juga meminta beberapa hal kepada masyarakat di wilayah yang saat ini teraliri DAS Cimaragas, bisa berkontribusi terhadap pentingnya sedimen.

“ Apakah itu dalam bentuk kesadaran masyarakat dalam membuang sampah-sampah rumah tangga yang pada akhirnya memicu terjadinya sedimentasi.

Selain itu lanjut Sekda meminta kepada masyarakat terkait dengan Open Defecation Free (ODF). Jadi idealnya masyarakat tidak ada yang membuang tinza yang langsung masuk ke sungai.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler