Melongok Stasiun Kereta Api Kedokangabus Kabupaten Indramayu, Kecil tapi Apik

Minggu, 6 Juni 2021 10:57 WIB

Share
Salah satu kereta argo melintasi stasiun Kedokangabus. (foto: Yan)

INDRAMAYU, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Potret stasiun kereta api  Kedokangabus, Desa Kedokangabus, Kecamatan Kroya, Indramayu, Jabar  merupakan salah satu stasiun kecil atau Kelas 3. Tapi ada yang dapat dibanggakan. 

Sebab kondisi stasiun ini terlihat bersih dan terawat apik. Stasiun yang dulu bernama stasiun Kadokangabus kemudian diubah namanya menjadi stasiun Kedokangabus ini letaknya di dekat permukiman warga.

 Meski banyak warga sekitar yang bermain-main di sekitar stasiun itu,  namun tidak terlihat adanya  sampah menumpuk atau berserakan. Jangankan sampah plastik bekas kemasan makanan atau botol bekas kemasan minuman, puntung rokok saja tak tampak.

Rupanya petugas kebersihan, seorang pria paruh baya ini benar-benar bertanggungjawab memelihara kebersihan.  Mengenakan rompi bertuliskan RES Clean, pria berbadan kurus ini setiap saat memungut sampah. Menggunakan kantong kresek.

Petugas kebersihan ini terus bergerak mengamati keberadaan sampah. Jika dilihat ada sampah,  langsung dipungut dan dimasukkan ke kantong kresek yang terus ditenteng menelusuri rel di komplek stasiun.

Pada bagian bangunan inti stasiun,  keadaannya  sangat terawat. Cat abu-abu tua pada bagian bawah  bangunan dikombinasikan warna putih tampak kontras  seperti menyala.

Tak ada sedikitpun lapisan tembok terkelupas. Keadaan stasiun dan bangunan penunjang  lainnya pun  terlihat masih utuh. Walaupun stasiun Kedokangabus ini dibangun sudah cukup lama, saat  zaman Belanda, tapi kondisinya benar-benar kokoh dan terawat.

Di depan bangunan stasiun tampak berderet  sejumlah bunga yang daunnya berwarna kuning  menyegarkan mata. Di bagian belakang stasiun,  sebelah timur ditanam dua pohon mangga harum manis.

Masa pandemi Covid-19 mengatur penerapan  protokol kesehatan terhadap setiap  calon  pengguna jasa kereta api. Calon penumpang jarak jauh wajib tes GeNose atau swab test.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler