Waspada Musim Penghujan Banyak Muncul Ular di Rumah, Segera Lapor Damkar Kota Cimahi

Minggu, 6 Juni 2021 11:35 WIB

Share
Petugas Damkar Kota Cimahi Mohamad Nur Effendi sedang menangkap ular ganas disalah satu rumah warga. (foto:Bagdja)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID

Fenomena kemunculan ular ditengah musim hujan itu bukan isapan jempol belaka, karena petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi kerap menerima laporan ular berbahaya itu masuk rumah warga atau berkeliaran di pemukiman warga.     

"Pada musim penghujan saat ini, banyak binatang melata seperti ular ganas keluar dari habitatnya untuk mencari tempat yang lebih hangat," kata Kepala Seksi Penanggulangan dan Penyelamatan pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Muhammad Nur Effendi. 

Diharapkan kepada warga Kota Cimahi agar lebih waspada akan kemunculan ular ditengah musim penghujan seperti sekarang. Sebab, biasanya ular bisa naik dan masuk rumah warga saat musim penghujan.

"Di samping melakukan pemadaman kebakaran, kita juga melakukan animal rescue, salah satunya penanganan ular masuk rumah, atau hal-hal lain yang perlu pertolongan, kami siap untuk memberikan pertolongan," ucap Nur Efendi.

Dijelaskan Nur, ular yang kerap muncul dan masuk ke rumah warga ini karena perubahan cuaca, sebab, ular yang tadinya berada di pegunungan terbawa aliran air, dan masuk ke sungai, lalu ke area tempat tinggal warga.

Jenis ularnya yang kerap muncul di antaranya pyton, sanca, koros, welang dan masih banyak lagi, termasuk cobra.

"Fenomena ular ini terjadi karena perubahan cuaca, biasanya disaat musim penghujan di mana aliran air naik, dan terbawa dari pegunungan, terus ke sungai, dan masuk ke pemukiman warga," terangnya

Bagi warga  yang membutuhkan penanganan animal rescue, kata Nur effendi, bisa menghubungi Mako Damkar Kota Cimahi  di nomor telepon 022-6658113. 

Karena kata Nur Effendi kembali, biasanya ular masuk melalui celah pintu atau akses lainnya yang tidak ditutup oleh pemilik rumah. Selain itu menyelinap melalui lubang air kotor atau toilet.

Halaman
1 2
Reporter: Suherlan
Editor: Suherlan
Contributor: Bagdja
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler