Diwarnai Insiden Baju Terbuka, Pembalap KTM Miguel Oliveira Juarai Seri MotoGP Catalunya 2021

Senin, 7 Juni 2021 07:00 WIB

Share
Pembalap Tim Red Bull KTM, Miguel Oliveira, keluar sebagai juara MotoGP Catalunya. (Worldracing)

MONTMELO, POSKOTAJABAR.CO.ID.-

Diwarnai dengan insiden terbukanya baju balap Fabio Quartararo dan terjatuhnya beberapa pembalap, Miguel Oliviera, pembalap Tim Red Bull KTM,  keluar sebagai juara di MotoGP Catalunya 2021.

Pada balapan yang berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya Montmelo, Spanyol Minggu (06/06/2021) malam WIB, pembalap asal Portugal itu mencatat waktu terbaik 40 menit 21,749 detik.

Di urutan ke dua, tampil Johann Zarco dari Tim  Pramac Ducati yang finis lebih lambat +0,175 menyingkirkan beberapa pembalap papan atas lainnya. Pembalap asal Prancis itu, menmpel ketat Miguel Oliviera.

Sedangkan di urutan ke tiga dan ke empat adalah pembalap KTM asal Australia, Jack Miller dan pembalap asal Prancis, Fabio Quartararo (Tim Monster Yamaha) yang  mendapat penalti karena baju balapnya terbuka.

Jack Miller finis di urutan ke tiga setelah finis lebih lambat +1,990 dari Miguel Oliveira dan Fabio Quartararo yang juga bermasalah dengan motornya, finis di urutan ke empat dengan catatan waktu +4,815.

Namun, pihak panitia kemudian menjatuhkan penalti kepada Fabio Quartararo karena pada balapan tersebut baju balapnya sempat terbuka di bagian dada. Terbukanya baju balapan merupakan pelanggaran yang bisa membahayakan pembalap.

Atas terjadinya kasus tersebut, pembalap Tim Monster Yamaha itu akhirnya mendapat hukuman penalti tiga detik. Akibatnya pun cukup fatal yang membuat posisinya melorot ke urutan enam.

Keputusan penalti itu langsung dikeluarkan panitia beberapa saat setelah balapan berakhir, pada Minggu (06/06/2021) melalui rapat singkat. Quartararo dianggap melanggar Pasal 2.4.5.2 FIM World Championship Grand Prix.

Pihak panitia juga memutuskan pembalap asal Spanyol, Joan Mir (Suzuki Ecstar) naik posisinya ke urutan ke empat menggantikan posisi Quartararo dan pembalap asal Maverick Viñales (Monster Yamaha) di urutan ke lima.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler