Bupati Indramayu : Cegah Stunting Melalui Konsumsi Ikan     

Selasa, 8 Juni 2021 08:50 WIB

Share
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono secara simbolis menyerahkan 1.000 paket bantuan makanan olahan dari ikan. (foto:Yan)

INDRAMAYU, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina mendukung Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) guna memberikan motivasi tambahan menangani permasalahan stunting atau gizi buruk di Kabupaten Indramayu.

Menurutnya, potensi sumber daya laut yang dimiliki bangsa saat ini luar biasa. Kabupaten Indramayu  menjadi salah satu daerah di Indonesia yang diberkahi dengan sumber daya alam laut yang melimpah.

"Tentu saja pemanfaatan hasil laut telah kita lakukan selama ini. Namun pemanfaatan tersebut sudah seharusnya tidak terpaku pada perekonomian saja. Ikan yang merupakan hasil laut menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh," kata bupati dalam sambutan di halaman Rumah Aspirasi Ono Surono (Raos), Perumahan Graha Sudirman Indramayu, Jawa Barat, Senin (07/06/2021).

Banyaknya kandungan gizi pada ikan, lanjut Bupati Nina, bermanfaat untuk tumbuh kembang anak serta mencegah terjadinya stunting yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.

Dikatakan, ikan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Seharusnya permasalahan stunting dan gizi buruk tidak menimpa generasi bangsa ini. Di sini yang menjadi kendala yakni tingkat mengkonsumsi ikan pada masyarakat saat ini masih kurang dan perlu dikampanyekan.

"Saya sangat mendukung penuh gerakan memasyarakatkan makan ikan. Dengan gerakan ini masyarakat tersadar mengenai pentingnya mengonsumsi ikan. Upaya memasyarakatkan makan ikan ini bukan hanya  tanggung jawab kementerian kelautan saja. Namun tugas seluruh komponen institusi, lembaga, dan masyarakat dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas," ungkapnya

Dijelaskan, Pemerintah Kabupaten Indramayu telah melakukan upaya-upaya mendukung gerakan memasyarakatkan makan ikan. Satu di antaranya melaksanakan gerakan memasyarakatkan makan ikan tingkat Kabupaten Indramayu dengan sasaran anak usia sekolah.

"Kami juga memprioritaskan pelaksanaan Gemarikan pada daerah (kecamatan/desa) yang memiliki tingkat stunting tinggi," jelasnya

Ia menambahkan, dalam hal ini forum peningkatan konsumsi ikan (Forikan) diketuai Setyowati Anggraini yang juga Ketua Tim Penggerak PKK mempunyai peran strategis dalam pelaksanaan program Gemarikan di Kabupaten Indramayu.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler