Disdik Jabar Melibatkan Sekolah Swasta dalam PPDB 2021 

Selasa, 8 Juni 2021 07:11 WIB

Share
Kadisdik Jabar Dedi Supandi. (Disdik Jabar)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID – 

Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyertakan sekolah swasta masuk dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021. Hal itu diakibatkan adanya keterbatasan kapasitas sekolah yang setiap tahun terjadi.

Menurut Kadisdik Jabar, Dedi Supandi, PPDB 2021 di  Jabar telah resmi menyertakan sekolah swasta, karena keterbatasan kapasitas sekolah negeri yang membuat semua siswa tak dapat tertampung.

"Hanya sekitar 41,5 persen siswa SMP dan MTs di Jabar yang diterima di sekolah negeri. Dengan jumlah sekolah swasta yang mencapai 4 ribuan, tahun ini, kita sertakan sekolah swasta masuk dalam sistem PPDB," kata Dedi Supandi.

Dikatakan Dedi Sopandi, berdasarkan catatan pihak Disdik Jabar, diperkirakan terdapat 777.506 lulusan SMP Negeri dan Swasta pada tahun 2021 ini.  Mereka semua bersaing untuk bisa masuk ke SMA Negeri. 

Akan tetapi, demikian dikatakan Dedi Supandi seperti dikutip dari situs Disdik Jabar, dari jumlah tersebut hanya terdapat 280.548 lulusan yang akan tertampung di sekolah-sekolah negeri.

Berdasarkan rincian sesuai pemetaan Disdik Jabar, totalnya ada 163.728 siswa SMAN, 113.112 yang akan bersekolah di SMKN, dan kurang lebih 3.708 lainnya di SLBN.

"Untuk PPDB Jabar tahun ini kita menggunakan tagline 'Sekolah di Mana Saja Sama', baik di swasta ataupun negeri. Jumlah sekolah swasta mencapai empat ribuan." tutur Dedi Supandi.

Dedi Supandi mengingatkan, agar seluruh calon peserta dan orang tua untuk dapat mempelajari petunjuk teknis PPDB Jabar 2021 yang tercantum dalam Peraturan Gubenur (Pergub) Nomor 29 Tahun 2021 tentang Juknis PPDB 2021. (nst)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler