Generasi Muda Kota Cimahi Harus Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

Selasa, 8 Juni 2021 17:05 WIB

Share
Plt. Wali Kota pada acara Peningkatan Wawasan Kebangsaan Melalui Penyuluhan Kesadaran Hukum dan Pemahaman ideologi pancasila di Kelurahan Cigugur Tengah (foto:Bagdja)

CIMAHI, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Untuk meningkatkan wawasan kebangsaan sesuai dengan nilai-nilai ideologi Pancasila, bagi kalangan generasi muda sebagai pemilik masa depan bangsa harus memiliki wawasan kebangsaan tersebut sebagai jiwa  semangat persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cimahi Ngatiyana, saat membuka kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan Terkait Penyuluhan Tentang Ketaatan Hukum Dalam Rangka Pemahaman Nilai-Nilai Idelogi Pancasila, di Halaman Kantor Kelurahan Cigugur Tengah, Jl. Abdul Halim Nomor 140 B, Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi pada.

Ngatiyana, berpesan, pelaksanaan kegiatan peningkatan wawasan kebangsaan ini patut diapresiasi sebagai bagian dari upaya membangun rasa kebersamaan dalam mewujudkan kebangsaan yang berlandaskan Pancasila.

Dirinya menilai, kegiatan seperti ini dapat menjadi momentum strategis untuk bisa menyegarkan kembali pentingnya pemahaman Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara.

Sedangkan mengenai wawasan kebangsaan di kalangan masyarakat Cimahi, menurut Ngatiyana, sudah  sudah baik. Menurutnya, nilai-nilai Pancasila masih tetap dipegang teguh oleh masyarakat Cimahi meskipun di tengah tantangan kehidupan perkotaan yang kompleks dan penuh dengan kemajemukan. Namun demikian, Ia mengakui pentingnya upaya untuk terus meningkatkan pemahaman di tengah masyarakat mengenai nilai-nilai Pancasila dan relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. 

Ditambahkan pula oleh Ngatiyana, Pancasila sebagai dasar negara merupakan pedoman penting yang bisa menyatukan etnis, budaya, asal-usul, dan agama yang berbeda dalam wadah NKRI, sekaligus menjadi kekuatan untuk mendorong perubahan di berbagai bidang kehidupan. Namun seiring berjalannya waktu, pemahaman dan implementasi pancasila sebagai 'way of life' sempat mengalami pasang surut, bahkan diuji dengan radikalisme, intoleransi, maraknya hoax, dan konflik kepentingan dari berbagai elemen bangsa ini. Untuk itulah, pihaknya berharap, nilai-nilai dasar Pancasila dapat terus ditanamkan, diperbaharui, dan bahkan ditingkatkan oleh generasi muda agar menjadi bagian dari penguatan wawasan kebangsaan.

"Alhamdulillah saya bersama Pak Kajari beserta jajaran bersama-sama turun untuk menyampaikan materi kepada masyarakat memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan. Nah ini kami sangat mengapresiasi. Terima kasih kepada seluruh jajaran Kejaksaan atas kerjasamanya,” pungkas Ngatiyana.
                          
Sebelumnya, dalam laporannnya, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Kota Cimahi Mardi Santoso menyampaikan, pemantapan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan bagi kaum muda tak cukup hanya dengan diskusi maupun seminar yang bersifat sporadis. Akan tetapi, juga harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. 

Dengan jumlah penduduk hamper mencapai 600 ribu  jiwa, berbagai ragam bahasa dan etnis serta bentuk keyakinan yang ada, menjadikan Kota Cimahi sebagai kota yang amat majemuk di Jawa Barat. Oleh karenanya, pemantapan ideologi pancasila bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata. tetapi juga tanggung jawab semua pihak, baik lembaga pendidikan, organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, maupun kelompok civil society lainnya. (Bagdja)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler