Wapres Ma'ruf Amin: Palatihan BLK Komunitas Dorong Minat Masyarakat untuk Berwirausaha

Selasa, 8 Juni 2021 16:18 WIB

Share
Wakil Presiden Prof Dr KH Ma'aruf Amin menyampaikan sambutan dalam peresmian BLK, Selasa (08/06/2021), di Tasikmalaya. (foto:Kris)

TASIKMALAYA, POSKOTAJABAR.CO.ID

Wakil Presiden RI Prof Dr KH Ma’ruf Amin meresmikan dan menandatangani prasasti Gedung Workshop Kejuruan Teknik Informatika BLK Komunitas Ponpes Cipasung Kabupaten Tasikmalaya.
 
Dalam acara tersebut, dilakukan juga MoU antara Kementerian Ketenagakerjaan dengan perusahaan tentang Kemandirian BLK Komunitas serta peresmian dan penandatanganan prasasti oleh Wakil Presiden RI dan kunjungan ke expo dan Gedung BLK Komunitas Ponpes Cipasung secara Daring.

Penciptaan SDM kompeten menjadi program prioritas pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo. Karena salah satu upaya untuk mewujudkan program prioritas tersebut, pemerintah terus memperkuat pelatihan vokasi melalui program BLK Komunitas.

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyampaikan, saat ini persaingan dunia sudah semakin ketat. Oleh karenanya, kecepatan, ketepatan, dan efisiensi harus dijadikan fondasi penting untuk bersaing, termasuk persaingan di sektor ketenagakerjaan.

 "Tantangan yang nyata dihadapi adalah langkah-langkah strategis apa yang harus kita lakukan dalam menyiapkan SDM, karena untuk menghadapi tantangan masa depan diisi oleh teknologi digital seperti big data, artificial intelligent, internet of things," ujarnya

Salah satu upaya penyiapan SDM tersebut,  melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah membuat program BLK Komunitas sejak tahun 2017. Tujuannya tersebut untuk mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat, mencetak SDM unggul, dan memberikan bekal keterampilan dan kompetensi kerja.

"Alhamdulillah, pada tahun 2020, Kementerian Ketenagakerjaan telah membangun 1.014 BLK Komunitas sehingga secara keseluruhan pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah berhasil mendirikan 2.127 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," ucapnya, Selasa (08/06/2021)

Pembangunan BLK Komunitas semakin relevan dengan tujuan pendiriannya dan mendorong kejuruan pelatihan terus dikembangkan dengan menyesuaikan kebutuhan pasar kerja dan dunia industri.

"Selain itu, pelatihan BLK Komunitas juga mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha dan membuka lapangan kerja baru yang akhirnya dapat menekan angka pengangguran dan memulihkan perekonomian nasional," paparnya.(Kris)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler