Permudah Masyarakat Cari Inovasi, Bappeda Kota Sukabumi Ciptakan Aplikasi Si BASI

Rabu, 9 Juni 2021 08:06 WIB

Share
Kepala Bidang Litbang pada Bappeda Kota Sukabumi, Nenden Eviyanti, menunjukan Aplikasi SI BASI kepada rekan kerjanya. (foto:Ist)

SUKABUMI, POSKOTAJABAR.CO.ID

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi ciptakan aplikasi sistem basis data inovas (SI BASI).Tujuannya, untuk mempermudah masyarakat dalam mencari berbagai inovasi yang ada di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,"ujar Kepala Bidang Litbang pada Bappeda Kota Sukabumi, Nenden Eviyanti,saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa  (08/06/2021).

Melalui aplikasi ini, lanjut Nenden, SI BASI ini merupakan kumpulan inovasi - inovasi dari setiap OPD. Untuk mengetahui inovasi yang ada di salah satu OPD masyarakat tinggal menuliskan saja nama dinasnya, maka akan muncul sejumlah inovasi dari OPD dilengkapi dengan deskripsi lengkapnya.

"SI BASI ini bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat umum,"kata dia.

Selain itu, lanjut Nenden, dengan adanya aplikasi SI BASI ini akan memudahkan laporan kepada Kementrian Dalam Negri saat mengikuti ajang Gavermant Award. Pasalnya, berbagai data yang dibutuhkan untuk keperluan lomba tersebut sudah komplit tersedia dalam aplikasi SI BASI ini.

"Ini akan memudahkan dalam memberikan laporan ke Kemntrian karena semuanya sudah ada di aplikasi ini,"tuturnya.

Nenden menambahkan, saat ini Pemkot Sukabumi telah memiliki Peraturan Daerah (Perda)  Nomor 3 Tahun 2021 tentang Inovasi Daerah. Dengan adanya perda tersebut, masyarakat dan unsur lainnya  dapat mengajukan inovasi kepada Pemda.

"Cara mengajukan inovasi  itu dengan menyerahkan proposal ke bidang litbang, kemudian diverifikasi dan akan disampaikan ke pimpinan daerah. Nanti yang menentukannya Pak Wali Kota,"pungkasnya. (Hendra)
 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler