Pelabuhan Cirebon Meningkat akan Berdampak pada Peningkatan Ekonomi Ciayumajakuning

Kamis, 10 Juni 2021 06:46 WIB

Share
Bupati Cirebon Drs H. Imron Rosadi saat memberi sambutan pada acara penandatangan nota kesepahaman di Pelabuhan Cirebon. (foto :Ejub)

CIREBON, POSKOTAJABAR.CO.ID

Bupati Cirebon Drs H. Imron  Rosadi menegaskan, tingkat perekonomian di wilayah  Ciayumajakuning tergolong rendah dibanding wilayah Priangan. Kondisi demikian berdampak pada tingkat pengangguran cukup tinggi.

"Pada aspek tertentu akibat perekonomian rendah berdampak pula pada jumlah kemiskinan yang tinggi di samping IPM yang rendah," kata Imron, Rabu (09/06/2021).

Pada acara ekspos kerja sama ekspor/impor di Pelabuhan Cirebon bupati juga menekankan pentingnya pemerintah untuk melakukan berbagai terobosan. Salah satunya, meningkatkan peran Pelabuhan Cirebon berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat di Wilayah Ciayumajakuning.

Secara historis, kata Imron, Cirebon merupakan awal peradaban dan pusat perdagangan di Jawa Barat. Hal itu diawali dengan adanya pelabuhan pada abad 16.Selama ini setiap kegiatan ekspor atau impor melalui pelabuhan di Jakarta.

Mimpi Pelabuhan Cirebon menjadi gerbang ekspor/impor bisa terwujud, terlebih daerah ini memiliki segudang akses, baik jalur darat, kereta api, laut, serta udara.

“Kalau dekat, saya rasa pengusaha juga bakal ekspansi ke Ciayumajakuning. Intinya, harapan ini untuk memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata Imron.

Sementara itu, pengusaha asal Cirebon, Ir. Soenoto mengatakan, Pelabuhan Cirebon harus menjadi pelabuhan ekspor untuk mengurangi beban di Tanjung Priok, Jakarta. Menurutnya, pelabuhan di ibu kota itu sudah terlalu crowded.

“Beban jalan raya dari Cirebon menuju Jakarta akan berkurang. Kerugian akibat kerusakan jalan oleh armada pengangkut pun setiap tahunnya terus bertambah, Pelabuhan Cirebon adalah solusi,” katanya.

Ia pun mendorong pihak pelabuhan untuk mengatasi permasalahan sedimentasi, sehingga nantinya kapal yang bersandar bisa dalam jumlah banyak dan meningkatkan aktivitas di pelabuhan.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler