Resep Makanan, Cara Membuat Ayam Surundeng Spesial Bikin Nagih

Kamis, 24 Juni 2021 09:48 WIB

Share
(foto:dapurkobe)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Serundeng adalah makanan khas Indonesia yang sering digunakan sebagai lauk-pauk nasi.

Serundeng dibuat dari parutan kelapa yang digoreng hingga kuning kecoklatan dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, gula, asam jawa, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Bumbu-bumbu ini dilumatkan sebelum digunakan. 

Serundeng umumnya dihidangkan dengan irisan daging sapi goreng, yaitu hidangan serundeng daging, atau ditaburkan di atas soto, ketan, atau burasa (makanan Makassar) untuk menambah gurih rasa masakan tersebut. 

 

 

Namun, di Sumatra Barat sedikit berbeda. Istilah serundeng bukan merujuk pada makanan dengan bahan dasar kelapa ini. Serundeng di Sumatra Barat terdiri atas kentang dan ubi yang dipotong kecil-kecil serta kacang lalu diberi rempah-rempah dan digoreng. Rasanya gurih dan nikmat tentunya.

Salah satu variasi dari surundeng adalah ayam surundeng. Adapun cara membuatnya, berikut POSKOTAJABAR rangkum cara membuat ayam surundeng.

 

 

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler