Resep Makanan Nusantara: Cara Membuat Camilan Kolontong Khas Tasikmalaya

Sabtu, 26 Juni 2021 19:10 WIB

Share
Camilan Kolontong. ist

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Tasikmalaya merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Daerah ini menyuguhkan aneka ragam budaya mulai dari  kesenian, tarian dan juga makanan khasnya.

Terdapat beberapa makanan khas dari tasikmalaya yang wajib anda cicipi ketika berlibur kedaerah ini ataupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah.

Salah satunya yaitu camilan Kolontong salah satu kue kering yang terbuat dari bahan dasar utama beras ketan, kemudian diolah sedemikian rupa dicampur dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan sajian panganan ringan, berasal dari Tasikmalaya namun telah menyebar sampai ke seluruh Jawa Barat.

Cara Membuat Camilan Kolontong

Bahan membuat Kolontong :

  • Siapkan ketan
  • Siapkan Garam
  • Siapkan Kelapa
  • Siapkan Gula merah

Cara membuat Kolontong :

  1. Langkah awal yaitu mencampurkan tepung ketan dengan gula aren dan gula pasir, lalu aduk sampai merata.
  2. Selanjutnya tumbuk halus adonan hingga matang. Kemudian taruh di atas tampah dan dialas plastik. lalu digilas pake botol. Sesudah itu potong kecil-kecil ukuran jari lalu jemur.
  3. Apabila sudah kering, kemudian sangrai sampai mengembang dengan memakai pasir yang berasal dari sungai.
  4. Terakhir campurkan kolontong dengan gula aren/gula merah yang sudah dicairkan, kemudian dijemur lagi sampai kering. (RO)
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler