Cara Mencegah Penularan Influenza di Masa Pandemi 

Sabtu, 10 Juli 2021 20:43 WIB

Share
Cara mencegah penularan influenza.

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Influenza adalah suatu infeksi virus umum yang dapat mematikan, terutama di kelompok risiko tinggi. Flu menyerang paru-paru, hidung, dan tenggorokan. Anak-anak, orang dewasa yang lebih tua, wanita hamil, dan orang dengan penyakit kronis atau sistem kekebalan tubuh lemah berisiko tinggi.

Gejalanya meliputi demam, menggigil, nyeri otot, batuk, pilek, sakit kepala, dan kelelahan. Flu diobati terutama dengan beristirahat dan cairan untuk membantu tubuh melawan infeksi. Penghilang rasa sakit anti peradagangan yang tersedia bebas dapat membantu meringankan gejala. Vaksin tahunan dapat membantu mencegah flu dan membatasi komplikasinya.

Gejala influenza bisa menyerupai penyakit lainnya, seperti misalnya Covid-19 yang tengah mewabah. Itu sebabnya, mengetahui cara penularan influenza sangat berguna untuk mengantisipasi penularannya. Kontak dekat menjadi salah satu cara virus flu berpindah dari satu orang ke yang lainnya.

Cara mencegah penularan influenza

Jika Anda sedang mengalami flu, cara terbaik mencegah penularan flu kepada orang lain adalah dengan berdiam diri dan beristirahat di rumah.

Sementara itu, untuk mencegah penularan influenza dari orang lain, pastikan Anda selalu menjalani perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan menjaga kesehatan tubuh Anda. 

Beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan untuk mencegah penularan flu:

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin. Jika tidak bisa menemukan air mengalir atau sabun, gunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sesudah dari toilet, sesudah menggunakan fasilitas umum, sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit
  • Hindari menyentuh hidung, mulut, dan mata dengan tangan yang belum dibersihkan
  • Meningkatkan sistem imun tubuh dengan makan makanan bergizi seimbang, cukup minum, olahraga teratur, tidur cukup, dan hindari stres 
  • Pastikan sirkulasi udara di rumah baik dan cukup terpapar sinar matahari pagi
  • Menerapkan etika batuk dan bersin yang benar dengan menggunakan tisu atau menggunakan lengan tangan bagian dalam
  • Hindari kontak dengan penderita flu
  • Gunakan masker ketika sakit atau bepergian
  • Lakukan vaksinasi flu sesuai anjuran

Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda memiliki gejala dan cara penularan yang mirip dengan virus influenza. Itu sebabnya, Anda harus lebih waspada.
Pastikan Anda menjaga kesehatan dan kebersihan diri, serta melakukan vaksinasi sebagai upaya pencegahan dan penularan penyakit. 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler