Punya Masalah Berat Badan atau Kesehatan? Berikut Tips Diet yang Cocok Dilakukan Pengidap Maag

Minggu, 11 Juli 2021 20:59 WIB

Share
Tips Menurunkan Berat Badan, Diet itu Mudah!

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Anda mungkin pernah berulang kali mencoba untuk diet, tapi tidak pernah berhasil karena punya penyakit maag.

Pola makan yang sehat sangat berpengaruh pada orang dengan penyakit maag. Diet tinggi serat larut dapat membantu mencegah maag tidak kambuhan.

Umumnya kondisi maag disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Penyebab umum lainnya adalah penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), termasuk asam asetilsalisilat, juga dikenal sebagai ASA.

Sebetulnya, orang yang punya sakit maag boleh diet seperti orang normal lainnya, kok. Apalagi bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan, diet bisa jadi cara yang tepat untuk mendapatkan berat badan ideal, meskipun punya sakit maag.

Yang terpenting, perhatikan lagi cara diet yang Anda jalani. Ingat, walaupun sedang diet, Anda harus tetap makan teratur supaya gejala asam lambung tidak kambuh. Bahkan jika dilakukan dengan cara yang benar, diet juga bisa membantu meringankan gejala maag.

Pola makan tepat dapat membantu pengidap maag mengelola gejala sakitnya. Berikut adalah diet yang cocok untuk pengidap maag, yaitu:

1. Makanan berserat tinggi, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.
2. Konsumsi rendah lemak, seperti ikan, daging tanpa lemak, dan sayuran.
3. Makan makanan dengan tingkat keasaman rendah, termasuk sayuran dan kacang-kacangan.
4. Konsumsi minuman non-karbonasi.
5. Konsumsi minuman bebas kafein.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa probiotik dapat membantu masalah perut yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Helicobacter pylori. Bakteri ini menyebabkan infeksi pada sistem pencernaan yang dapat menyebabkan gastritis atau sakit maag.

Oleh karena itu, makanan probiotik yang sehat dapat membantu mengatasi penyakit maag, ini termasuk kombucha, yogurt, kimchi, dan asinan kubis. Makan dalam porsi kecil dan lebih sering juga dapat membantu meringankan gejala.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler