Hati-Hati! Bahan Kimia Berbahaya yang Ada di Rumah, Bisa Merugikan Kesehatan

Senin, 12 Juli 2021 10:35 WIB

Share
Bahan kimia berbahaya nyatanya dapat ditemukan dalam produk rumah tangga sehari-hari. (foto:Pinterest)

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Anda mungkin tidak asing dengan deterjen, pembersih lantai, hingga disinfektan. Siapa sangka, produk rumah tangga tersebut mungkin saja memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang mungkin saja merugikan kesehatan Anda.

Jika tidak berhati-hati, salah mencampurnya bisa membuat Anda menghirup gas dari bahan kimia tersebut. 

Bahan kimia sudah sejak lama diketahui menimbulkan masalah bagi kesehatan, seperti meningkatkan risiko kanker, gangguan kesehatan mental, hingga penyakit kronis. 

Sayangnya, banyak jenis bahan kimia yang ternyata dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai produk rumah tangga, seperti deterjen, desinfektan, pembersih lantai, hingga cat rumah Anda. 

Berikut ini beberapa bahan kimia dalam rumah yang mungkin membahayakan kesehatan dilansir dari laman Sehatq.com:

1. Asam sulfat

Asam sulfat adalah bahan kimia yang sangat kuat dan bersifat korosif. Korosif berarti dapat menyebabkan luka bakar dan kerusakan jaringan jika terkena kulit mata, atau selaput lendir (mukosa). 
Jika tertelan, bahan kimia ini dapat menimbulkan luka bakar di mulut, pembengkakan tenggorokan hingga sulit bernapas, demam, hingga muntah. 
Asam sulfat biasanya ditemukan dalam deterjen tertentu, pembersih toilet, pembasmi serangga, hingga aki mobil dan baterai. 

2. Merkuri

Merkuri merupakan elemen kimia yang juga terkandung dalam berbagai produk rumahan dan dapat membahayakan kesehatan. Keracunan merkuri bahkan dapat menghambat perkembangan otak bayi. 
Gejala keracunan merkuri antara lain tremor, penglihatan kabur, mati rasa, hingga kesemutan pada kaki, tangan, dan sekitar mulut.
Merkuri biasanya ditemukan dalam produk perawatan kulit hingga antiseptik. 

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler