Pro dan Kontra Vitamin D dapat Menyembuhkan Covid-19, Benarkah?

Selasa, 13 Juli 2021 22:12 WIB

Share
kamu perlu mengkonsumsi vitamin c, berikut alasannya. Sumber foto Unplash

Bahkan, khusus musim dingin kemarin  pemerintah Inggris memberikan suplemen vitamin D secara gratis untuk warganya yang berisiko tinggi terhadap Covid-19.

Lalu apakah berarti vitamin D dapat mencegah seseorang terinfeksi Covid-19?  

Tim peneliti Universitas Northwestern pernah menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dengan infeksi virus corona.

Mereka juga menyatakan bahwa pasien dari negara-negara dengan tingkat kematian Covid-19 yang tinggi diketahui memiliki kadar vitamin D yang rendah.  

Tetapi para peneliti memberikan catatan terhadap hasil penelitiannya tersebut.

Mereka mengaku butuh penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan hubungan antara tingkat infeksi virus dan vitamin  D dari satu negara dengan negara lain.  

Penelitian lebih lanjut sangat dibutuhkan. Sebab, ada perbedaan kualitas perawatan kesehatan, tingkat tes, usia populasi atau jenis virus corona yang berbeda di setiap negara.  

“Intinya, belum cukup data untuk bisa bilang bahwa vitamin D dapat mencegah seseorang terinfeksi Covid-19,” jelas Profesor Zubairi Djoerban melalui laman Instagramnya, Selasa (13/7/2021).  

Penelitian di India beberapa waktu belakangan menjadi topik hangat, salah satunya National Herald India dengan judul ‘Vitamin D shows promising results in Covid-19 treatment: PGI doctors’.  

Dalam penelitian tersebut, tim dokter India menyatakan bahwa studi mereka membuktikan pemberian vitamin D mungkin sekali bermanfaat sebagai bagian dari Covid-19.

Halaman
1 2 3
Reporter: Ririn
Editor: Ririn
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler