Gejala Pasien Covid-19 dari Hari ke Hari yang Perlu Dikenali

Rabu, 14 Juli 2021 20:04 WIB

Share
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, dr. Deden Bonni Koswara. (foto:Ist.) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, dr. Deden Bonni Koswara. (Ist.)

INDRAMAYU, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Pandemi virus Corona telah dinyatakan WHO masih menjadi kekhawatiran masyarakat di dunia. Terlebih angka kasusnya masih mengalami kenaikan di sejumlah negara.

 Meskipun tingkat kesembuhan pasien juga terus mengalami lonjakan. Penting untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai virus yang pertama kali dilaporkan di Wuhan, Hubei, China pada akhir 2019 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, dr. Deden Bonni Koswara menjelaskan, salah satu edukasi mengenai gejala, penyebab dan tanda-tanda seseorang mulai terinfeksi virus corona.

Menurut Deden, WHO menyebutkan, secara umum gejala Coronavirus Desease-19 (Covid-19) yang disebabkan oleh virus corona adalah demam, batuk, sesak napas, hingga dada terasa sakit.

 Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut Covid-19.

Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

 "Gejala yang timbul dari akibat terpapar virus ini mungkin berbeda pada setiap orang. Tergantung tingkat imunitasnya. Namun ada beberapa gejala umum yang dapat diklasifikasikan," kata dr. Deden, Rabu (14/07/21).

Ia mengatakan, sebagaimana dilansir Pusat Analisis Determinan Kesehatan Kementerian Kesehatan R.I,  masyarakat dapat mengenali gejala terpapar virus corona secara mudah.

Gejala virus Corona berkembang dari hari ke hari. Pada hari ke-1 pasien mengalami demam. Tubuh mungkin juga mengalami semacam kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Ada juga yang mengalami diare atau mual.

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler