Polisi Tangani Video Viral Jarum Vaksin Kosong di Kabupaten Karawang

Rabu, 14 Juli 2021 15:11 WIB

Share
Kapolres Karawang beserta Muspida Karawang saat sidang tipiring pelanggar prokes di Karawang. (foto:asl)

KARAWANG, POSKOTAJABAR.CO ID,
Buntut viralnya sebuah video seorang wanita yang divaksin dan diduga disuntik jarum kosong oleh tenaga kesehatan (nakes) saat menjalani vaksinasi di Puskesmas Desa Wadas menuai sorotan publik. Kini, kebenaran atas video tersebut sudah diserahkan ke pihak kepolisian.

Kendati orang yang memposting telah meminta maaf, tapi pembuktian dengan mengambil sampel yang bersangkutan akan dilakukan.

Para tenaga kesehatan pun berharap, tugas mereka digarda terdepan menghadapi pandemi, tak ditambah dengan beban informasi keliru yang menyerang psikologis para nakes.

Saat ini, Polres Karawang telah memeriksa enam orang saksi terkait viral dua video yang seorang wanita diduga disuntik jarum kosong oleh tenaga kesehatan (nakes) saat menjalani vaksinasi di Puskesmas Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur.

Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra mengatakan, terkait video viral masih melakukan pendalaman. Kemarin begitu ada viral dan langsung bergerak cepat mendatangi lokasi.

"Kita periksa 6 orang saksi dari tiga tenaga kesehatan (nakes) dan tiga orang yang divaksin. Sampai saat ini kami masih melakukan proses pendalaman," kata Rama kepada wartawan saat ditemui di sela-sela pemberian vaksin keliling di Kampung Poponcol, Kelurahan Karawang Wetan, Rabu (14/07/2021).

Menurut Rama, hasilnya nanti akan ia sampaikan lebih lanjut. Kiranya upaya kepolisian dari dua sisi, apakah ini benar atau hoax atau atau bagaimana itu. Ia telah melakukan menginventarisir siapa yang menyebarkan dan mengupload. Ia akan terlebih dahulu pembuktian apakah video viral itu vaksin ga terinjeksi atau tidak.

"Kita tentu akan bantuan para ahli-ahli vaksin. Untuk membuktikan viral dua video yang seorang wanita diduga disuntik jarum kosong oleh tenaga kesehatan (nakes) saat menjalani vaksinasi di puskesmas Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur," jelas Rama.

Lanjut Rama, kepolisian sekarang fokusnya sejauh mana Standar Operasinal (SOP) seperti apa. Pihaknya masih melakukan pendalaman dan nanti hasilnya disampaikan.

Bupati Karawang, Cellica Nurrchadiana dan Wakil Bupati, Aep Syaepuloh merespons serius insiden viralnya postingan suntikan kosong vaksinasi itu. Keduanya langsung mendatangi, Puskesmas Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur
mengumpulkan para nakes yang bertugas melakukan penyuntikan vaksin.(asl)

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler