Cara Mencegah dan Mengatasi Cabin Fever: Akibat Terlalu Lama Tinggal di Rumah

Kamis, 15 Juli 2021 17:55 WIB

Share
Cara mengatasi Cabin Fever. (foto.Pinterest)

Meski sedang work from home, Anda tidak boleh bekerja dengan jadwal semaunya atau malah hanya bersantai seharian. Sebaiknya buatlah jadwal untuk bekerja, belajar, atau melakukan aktivitas lainnya agar rutinitas Anda sehari-hari tetap teratur. Cara ini akan membuat Anda tetap produktif dan terhindar dari cabin fever.

Sebagai contoh, tetaplah bangun dan mandi di pagi hari, supaya tubuh Anda segar dan pikiran Anda lebih jernih. Setelahnya, Anda bisa mengerjakan tugas, lalu makan siang dan berisitirahat sejak di waktu yang sama seperti saat Anda sedang di kantor.

Selain bisa membuat Anda menjadi lebih malas, work from home juga dapat membuat Anda sering lembur tanpa disadari. Jadi, usahakan untuk produktif di jam kerja dan berhenti bekerja ketika jam kerja sudah usai.

Di luar jam kerja, Anda bisa menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai, misalnya bercocok tanam di halaman rumah, bermain dengan hewan peliharaan, membaca buku, memasak, atau bermain alat musik.

3. Jaga komunikasi dengan orang lain

Tetaplah rutin untuk mengobrol lewat telepon atau bertatap muka di video call dengan teman, kekasih, atau keluarga yang tidak tinggal serumah dengan Anda. Tetap menjaga komunikasi di tengah pandemi ini akan membuat Anda merasa tidak sendirian, sehingga Anda juga dapat terhindar dari cabin fever.

Berbagi cerita mengenai apa yang Anda rasakan dengan orang-orang terdekat juga bisa menjadi cara untuk melegakan hati dan mendapatkan solusi dari masalah-masalah yang sedang Anda hadapi.

4. Konsumsi makanan bergizi

Salah satu gejala cabin fever yang perlu Anda waspadai adalah mengidam makanan. Hal ini bisa berujung pada kelebihan berat badan atau bahkan obesitas bila Anda terus-menerus menuruti dorongan ini dengan mengonsumsi makanan yang tidak sehat hanya untuk memuaskan keinginan dan memanjakan lidah.

Tetap terapkan pola makan yang sehat, sehingga tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang cukup. Dengan begitu, kesehatan Anda akan terjaga dan sistem imunitas tubuh Anda juga akan lebih kuat untuk melawan kuman penyakit, termasuk virus Corona.

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler