Mengenal Anosmia: Hilangnya Penciuman yang Selalu di Sangkutkan dengan Gejala Covid-19, Berikut Gejalanya

Kamis, 15 Juli 2021 21:17 WIB

Share
Mengenal Anosmia yang selalu disangkutkan dengan gejala Covid-19. (foto. Pinterest)

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Istilah anosmia merujuk pada kondisi saat seseorang kehilangan kemampuan untuk mencium bau. Gangguan ini kerap menjadi salah satu gejala yang timbul akibat COVID-19.

Saat indera penciuman mengalami gangguan, makanan pun terasa hambar di mulut. Terlihat sepele, tetapi kondisi tersebut dapat memengaruhi kehidupan seseorang.

Hal tersebut dapat memicu penurunan nafsu makan yang berujung pada penurunan berat badan, bahkan depresi.

Gejala Anosmia yang Dapat Dirasakan

Anosmia adalah gangguan indra penciuman yang menyebabkan pengidapnya menjadi tidak dapat mencium bau. Keadaan ini disebabkan adanya gangguan tertentu di hidung. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyakit ini, sebaiknya kita mengenal gejala-gejalanya yang mengganggu kesehatan.

Nah, berikut ini beberapa gejala anosmia yang dapat dirasakan:

1. Hilangnya Kepekaan Terhadap Sensasi Bau

Gejala anosmia yang pasti terjadi pada seseorang yang mengalaminya adalah kehilangan kepekaan terhadap bau yang ada di sekitarnya. Ketidakpekaan ini bisa menyebabkan munculnya gangguan atau masalah kesehatan lain. Jika kamu mengalami hal ini dalam beberapa hari, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri terkait gangguan COVID-19.

2. Sakit Kepala

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler