Mengenal Psikosomatis: Pikiran Pacu Penyakit, Fisik, Ini Akibatnya!

Jumat, 16 Juli 2021 23:03 WIB

Share
Psikosomatis gangguan pikiran pacu penyakit fisik. (foto.ist/Pinterest)

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Psikosomatis berasal dari kata “psyche” yang berarti fisik dan “soma” yang berarti tubuh. Psikosomatis atau yang psikosomatik adalah istilah yang mengacu pada keluhan gejala fisik yang muncul akibat pikiran dan emosi yang dirasakan seseorang.

Stres merupakan hal lumrah yang terjadi pada setiap orang. Namun, hati-hati jika stres dibiarkan karena bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk gangguan psikosomatis.

Penyakit pun bisa bermunculan atau bahkan memperparah gejala atau keluhan fisik tertentu, seperti nyeri.

Perubahan fisik akibat gangguan psikosomatis terjadi karena adanya peningkatan aktivitas listrik atau impuls saraf dari otak ke seluruh tubuh. Kondisi ini juga berkaitan dengan pelepasan zat adrenalin ke dalam darah, sehingga muncul gejala-gejala penyakit fisik.  

Meski penyebabnya belum diketahui dengan jelas, impuls saraf diduga menjadi salah satu alasan munculnya gejala fisik karena kondisi pikiran. 

Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Psikosomatis 

Penyakit yang muncul akibat gangguan psikosomatis tidak akan bisa ditemukan atau dideteksi secara fisik. Namun, gejala dari penyakit tersebut jelas terasa dan bisa sangat mengganggu.

Seperti yang sudah dijelaskan, hal ini berkaitan dengan faktor kondisi mental atau pikiran yang memengaruhi tubuh. 

Meski penyakit akibat gangguan psikosomatis tidak bisa dideteksi secara jelas, gejala yang muncul karena kondisi ini nyatanya bisa memperparah penyakit tertentu.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler