Cara Mengatasi Psychic Numbing: Tidak Peduli dan Bersikap Pasrah Pada Keadaan

Sabtu, 17 Juli 2021 23:12 WIB

Share
Psychic Numbing. ilustrasi

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Emosi merupakan bagian penting dari cara kita berperilaku dalam hidup. Baik sedih, senang, maupun marah, semua emosi tersebut wajar dialami. Tapi, ada juga sebagian orang yang justru kurang merasakan emosi tersebut dan terkesan sangat cuek.

Melansir laman Klik Dokter, Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, menjelaskan, psychic numbing merupakan suatu kondisi ketika orang yang mengalaminya sudah menarik perhatian (tidak peduli atau bersikap pasrah) pada hal tertentu.

Keadaan tersebut bisa terjadi karena pengalaman traumatis masa lalu atau ancaman yang akan muncul di masa mendatang. Ancamannya sendiri bisa saja jarang ditemukan. Tapi, jika hal itu sampai terjadi, maka konsekuensinya akan sangat besar.

Ikhsan menggambarkan, “Contoh kasusnya adalah di saat pandemi seperti sekarang. Ada beberapa kelompok masyarakat yang mungkin sudah pasrah dan cuek dengan keadaan.”

“Mereka sudah pasrah dengan kondisi pandemi yang memengaruhi ekonomi dan kesehatannya. Tapi, jika sampai terjadi pada diri sendiri, maka pandemi tentu akan memberikan dampak yang berbahaya seperti kematian,” jelasnya.

Cara Mengatasi Psychic Numbing

Agar sikap terlalu cuek tidak melewati batas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi psychic numbing yaitu:

Cari Sumber Kecemasan

Cari tahu akar dari kecemasan yang terjadi. Sebenarnya, kondisi apa yang sebenarnya membuat Anda merasa tidak berdaya dalam menghadapi situasi tersebut.

Setelah ketemu akar permasalahannya, coba perlahan selesaikan masalah itu. Bila tidak berani atau merasa kurang mampu mengatasinya, mintalah bantuan psikolog.

Belajar Berpikir Positif

“Belajar untuk berpikir positif terhadap suatu kejadian atau situasi masalah. Pikirkan hal-hal baik yang terjadi di sekitar Anda. Tidak hanya satu, tapi ada banyak hal positif yang masih bisa dilakukan,” saran Ikhsan.

“Kalau ada masalah, cobalah untuk bersikap tenang dalam menghadapinya. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan,” lanjutnya.

Ambil Waktu Me Time

Luangkanlah waktu pribadi dan tenangkan diri dengan melakukan kegiatan menyenangkan. Kalau tidak ingin melakukan banyak kegiatan, cobalah beristirahat.

Dengan mendapatkan waktu istirahat cukup, otak akan kembali berfungsi optimal dan pikiran menjadi semakin relaks.
 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler