Hanya Ada Cargo Satu Kali Seminggu, Daddy: Setuju Bandara Kertajati Jadi RS Darurat Covid-19

Minggu, 18 Juli 2021 07:22 WIB

Share
Bandara Kertajati diusulkan jadi RS Darurat Covid-19. (Foto: Ist)

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID
Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Daddy Rohanady, dukung  pernyataan rekannya dari Komisi II yang setuju kalau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dimanfaatkan menjadi Rumah Sakit (RS) Darurat untuk perawatan pasien Covid-19.

Daddy mengamini wacana tersebut karena mengetahui, saat ini jumlah warga Jabar yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah sangat mengkhawatirkan. Bahkan, banyak diantaranya yang harus dirawat rumah isolasi mandiri berbasiskan desa/kelurahan sebagaimana arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Sebab, Rumah Sakit Rujukan Covid-19 sudah mulai mengklasifikasi tingkat kegawatannya. "Saya sangat setuju," katanya, saat dihubungi via whatsapp, Sabtu 17 Juli 2021.


Tidak hanya setuju, politisi Partai Gerindra dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar XII (Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon) bahkan minta wacana yang berasal dari masyarakat itu, bisa cepat dieksekusi. "Harusnya cepat dieksekusi. Pasti bisa muat banyak," katanya

Soal apakah pemanfaatan BIJB Kertajati nanti tidak akan mengganggu penerbangan, wakil rakyat yang membidangi kebinamargaan, pengairan, tata ruang pemukiman, perencanaan pengendalian, pembangunan regional, pengelolaan pelabuhan laut udara regional perhubungan, telekomunikasi, dengan yakin mengatakan tidak.

"Penerbangan yang ada sekarangkan cuma kargo, itupun cuma 1 x seminggu," jelasnya.

Ditanya soal apakah pemanfaatan Bandara Kertajati itu nanti juga tidak mengganggu maIntenance repair and overhaul (MRO) industri bengkel pesawat sebagaimana yang disarankan Gubernur Jabar Ridwan Kamil -- untuk tutup malu, mengingat bandara belum bisa dimanfaatkan secara maksimal karena perjalanan darat via tol belum siap-- Daddy mengatakan tidak masalah.

"MRO belum jalan. Butuh waktu lama buat persiapan segalanya. Nggak langsung operasi seperti yang dibayangkan," jelasnya. (Aris)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler