Mengenal Vaksin Moderna: Syarat Penerimaan, Efek Samping, dan Rentang Waktu

Minggu, 18 Juli 2021 22:18 WIB

Share
Vaksin Moderna. (foto.modernatx)

BANDUNG,POSKOTAJABAR.CO.ID

Vaksin Moderna adalah vaksin untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 atau COVID-19. Vaksin Moderna atau mRNA-1273 dikembangkan sejak Januari 2020 oleh Moderna and Vaccine Research Center at the National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID) di Amerika.

Vaksin Moderna merupakan jenis vaksin mRNA (messenger RNA). Vaksin ini tidak menggunakan virus yang dilemahkan atau dimatikan, melainkan menggunakan komponen materi genetik yang membuat sistem kekebalan tubuh memproduksi spike protein. Protein tersebut merupakan bagian dari permukaan virus Corona.

Vaksin Moderna dibuat menggunakan metode mRNA, seperti vaksin Pfizer. Bisa digunakan untuk individu berusia di atas 18 tahun dan diberikan sebanyak dua kali dengan selang waktu satu bulan.
Indonesia menerima sekitar tiga juta dosis vaksin Moderna sebagai pengiriman tahap awal dari program COVAX. Vaksin tersebut akan digunakan untuk mengejar target vaksinasi masyarakat umum dan sebagai booster alias suntikan ketiga bagi para tenaga medis.

Mekanisme pemberian vaksin Moderna

Vaksin Moderna dalam waktu dekat akan diberikan pada masyarakat Indonesia. Berbeda dari vaksin Sinovac maupun vaksin yang dibuat menggunakan metode innactivated virus lainnya, vaksin Moderna perlu disimpan di suhu -20°C, sehingga diperlukan alat penyimpanan dan cara distribusi khusus.

• Syarat penerima vaksin Moderna

Vaksin Moderna bisa diberikan pada individu berusia di atas 18 tahun. Hingga saat ini belum ada izin dan penelitian pemberian vaksin Moderna untuk anak-anak berusia 17 tahun ke bawah.
Saat akan menerima vaksin Moderna, beritahukan kepada petugas apabila Anda memiliki kondisi-kondisi di bawah ini:

  • Punya riwayat alergi
  • Sedang demam
  • Memiliki gangguan perdarahan atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah
  • Punya riwayat gangguan imun atau sedang mengonsumsi obat yang memengaruhi kerja sistem imun
  • Sedang hamil atau berencana untuk hamil
  • Sedang menyusui
  • Sudah pernah menerima vaksin Covid-19 sebelumnya
  • Punya riwayat mengidap miokarditis (radang otot jantung) atau perikarditis (radang lapisan yang menyelimuti bagian luar jantung)

• Orang yang tidak boleh menerima vaksin Moderna

Berikut ini daftar orang yang tidak boleh menerima vaksin Moderna:

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler