Permintaan Kelapa Muda Meningkat, Tiga Hari Sekali Dikirim 1.200 Butir dari Jateng   

Minggu, 18 Juli 2021 08:13 WIB

Share
Seorang pedagang eceran mengupas kelapa muda yang murni tanpa tambahan es batu dan sirup atau gula dijual Rp 10 ribu per butir. (foto:Yan)

INDRAMAYU, POSKOTAJABAR.CO.ID.

Penjualan kelapa muda di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat  meningkat cukup tajam. Hal itu seiring dengan berlangsungnya cuaca panas  yang dirasakan masyarakat akhir-akhir ini. 

Setiap tiga hari sekali, seorang pedagang eceran  sekaligus pedagang grosir kelapa muda di Indramayu  bisa menjual lebih dari 1.200 butir kelapa muda.

Namun,  dibalik rasa air kelapa muda  yang segar itu,  mungkin tak banyak konsumen yang tahu, soal asal usul kelapa muda itu. Konsumen tahunya kelapa muda tersebut banyak dijual pedagang eceran maupun pedagang grosir di tepi jalan di wilayah Kabupaten Indramayu.

Ternyata, kelapa muda yang banyak dijual di Kabupaten Indramayu ini berasal dari Provinsi Jawa Tengah.  Tepatnya dari daerah Kebumen, Banjarnegara dan Cilacap. Daerah-daerah itu sudah cukup lama dikenal sebagai pemasok kelapa  muda ke tengkulak  yang ada di daerah Pangandaran dan Tasikmalaya.

Dari Pangandaran dan Tasikmalaya,  kelapa muda itu diangkut truk menuju ke pedagang grosir kelapa muda di Indramayu.  Dari pedagang grosir ini kelapa muda dengan cepat menyebar ke tangan para pedagang eceran.

 Salah seorang pedagang grosir kelapa muda adalah Aji. Meskipun dari luar tempat penjualan grosir kelapa muda itu tampak biasa-biasa saja. Namun di dalamnya menampung ratusan bahkan ribuan butir kelapa muda.

“Perjalanan kelapa muda ini menempuh jarak jauh. Hingga ratusan kilometer dari daerah asal  Kebumen, Banjarnegara menuju tengkulak di Cilacap atau Tasikmalaya kemudian sampai ke Indramayu,” ujar Ny. Aji.

 Di tingkat pengecer, kelapa muda  yang sudah dikupas dan dipisahkan dagingnya tanpa tambahan es batu, sirup atau gula dijual Rp 10 ribu per butir. Jika ditambahkan es batu, sirup atau gula harganya beda lagi, sekitar Rp 12 ribu hingga Rp 14 ribu per butir.

Untuk penjualan per gelas atau per plastik,  kelapa muda yang sudah dicampur sirup atau gula dan es batu biasa dijual  Rp 4 ribu hingga Rp 6 ribu.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler