Resep Makanan Sehat Baik untuk Imun: Cara Membuat Bolu Kukus Ungkun Serta Manfaatnya

Minggu, 18 Juli 2021 13:12 WIB

Share
Bolu kukus ubi.

TASIKMALAYA,POSKOTAJABAR.CO.ID

Sistem imun atau daya tahan tubuh memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit.

Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk kedalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit terutama dimasa mewabahnya virus corona seperti sekarang ini.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Termasuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stress, hingga mengkonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap prima. Berikut juga cara membuat bolu kukus untuk tingkatkan imun tubuh.

Bahan  A :

  • Ubi ungu kukus 50 gr
  • Ubi kuning kukus 50 gr
  • Santan kental 200 ml
  • Garam ¼ sdt.

Bahan B :

  • Telur ayam 2 butir
  • Gula pasir 200 gr
  • Tbm 1 sd
  • Tepung terigu 180 gr
  • Susu bubuk 40 gr
  • Vanili secukupnya

Cara Membuat :

  1. Bahan A :
  2. Blender 100 ml santan dengan ubi ungu dan tambahkan sedikit garam, angkat dan sisihkan.
  3. Blender 100 ml santan dengan ubi kuning dan tambahkan sedikit garam, angkat dan sisihkan.
  4. Mixer telur, gula dan tbm hingga mengembang. Tambahkan susu bubuk, tepung terigu dan vanili aduk hingga rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian.
  5. Ambil 1 bagian dan masukkan adonan ubi ungu, 1 bagian lagi campur dengan adonan ubi kuning.
  6. Siapkan cetakan bolu kukus, tuang adonan ubi ungu lalu adonan ubi kuning dibagian atasnya. 
  7. Panaskan kukusan, setelah banyak uapnya kukus adonan dengan menggunakan api besar selama ±15 menit. Bolu kukus siap untuk disajikan.

Manfaat Ubi:

Mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menangkal radikal bebas, sedangkan kandungan antosianin dan polifenol dalam ubi dapat menekan stress yang timbul akibat kerusakan oksidatif yang terjadi dalam tubuh.

Selain itu ubi ungu dapat meredakan peradangan dan mencegah penuaan dini. Konsumsi ubi ungu juga dapat meningkatkan produksi beragam enzim antioksidan yang berdampak positif untuk pemecah senyawa beracun, menjaga agar tubuh tidak mudah sakit.

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler