Bansos PPKM Darurat Kota Bandung Senilai Rp500 Ribu Mulai Disalurkan

Senin, 19 Juli 2021 19:45 WIB

Share
Walikota Bandung Oded M Danial launching penyaluran Bansos PPKM Darurat di Pendopo Kota Bandung Jl Dalam Kaum, Senin, 19 Mei 2021. (Foto: Aris).

BANDUNG, POSKOTAJABAR.CO.ID
Bansos PPKM Darurat dalam bentuk uang tunai, bagi warga Kota Bandung yang tidak masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) mulai disalurkan Pemkot Bandung, Senin (19/7/2021).

Walikota Bandung, Oded M Danial, mengatakan, Pemkot Bandung memberikan Bansos kepada warga Kota Bandung non DTKS senilai Rp30 miliar, jumlahnya (penerima) 60 Ribu KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Setiap KPM, akan mendapatkan bansos Rp500 ribu.

"Alhamdulillah, hari ini kita launching, mudah-mudahan cepat sampai ke KPM," kata Oded di pendopo Bandung, Senin, 19 Mei 2021. 

Dijelaskan Oded, Bansos disalurkan melalui Bank BJB, dan dilakukan secara marathon hingga dua hari ke depan. "Penyaluran melalui Bank BJB, hari ini hingga dua hari ke depan, marathon," ujarnya.

Kadinsos Kota Bandung Tono Rusdiantono, mengatakan, KPM akan mendapatkan kertas yang berisikan code QR untuk mencairkan Bansos di Bank BJB, tanpa harus membuka rekening.

"Jadi, masing-masing kelurahan ada Kasi Kesos dan SLRT Puskesos, ada code QR yang dicetak oleh koordinatornya. Setelah pemberian dari Pak Wali, langsung cair," paparnya.

Bansos Anti Kerumunan

Terkait potensi kerumunan, Tono menyebut, pencairan akan diatur oleh Lurah dan dibagi waktunya, jadi diharapkan tidak akan terjadi kerumunan.

"Nanti diatur per jam, di Kelurahan tidak banyak, nanti bisa dibagi per jam, teknis dari Pak Lurah," ujarnya.

Sementara itu, menurut Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, dari 60 ribu PKM yang akan mendapatkan bansos Rp500 ribu, baru 37 ribu sekian yang dinyatakan layak.

"Dari 60 ribu belum lolos semuanya, karena tidak memenuhi persyaratan karena tidak ingin tidak tepat sasaran. Baru 37.877, masih banyak, ini masih diverifikasi ulang," tambahnya. (Aris)

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler