Tata Cara Mengerjakan Salat Iduladha di Rumah untuk Sendiri dan Berjamaah

Senin, 19 Juli 2021 14:20 WIB

Share
Keutamaan Salat Dhuha

POSKOTAJABAR.CO.ID - Salat Idul Adha dilaksanakan pada 20 Juli 2021 sesuai dengan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama.

Umat Islam melaksanakan salat Idul Adha di pagi hari pada 10 Dzulhijjah.

Tahun ini salat Idul Adha tidak dilaksanakan di masjid dan lapangan untuk wilayah yang menerapkan PPKM Darurat.

Masyarakat melakukan salat Idul Adha di rumah masing-masing.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melalui Surat Edaran No 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Iduladha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1441H/2021 di wilayah PPKM Darurat.

Shalat Idul Adha di rumah bisa dikerjakan secara sendiri-sendiri atau berjamaah.

"Edaran ini antara lain mengatur terkait dengan peniadaan sementara kegiatan peribadatan di rumah ibadah. Artinya, di rumah-rumah ibadah tidak dilakukan kegiatan yang menghadirkan jemaah di masa PPKM Darurat ini," kata Menag di Jakarta, Jumat (16/7/2021), dikutip dari laman resmi Kemenag, Minggu (18/7/2021). 

Panduan Shalat Idul Adha di Rumah

Panduan Shalat Idul Adha ini merujuk pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait pelaksanaan Shalat Idul Adha di masa Pandemi. 

Sesuai fatwa tersebut, panduan dan tata cara Shalat Idul Adha bisa merujuk pada Fatwa MUI No 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Pandemi COVID-19.

Halaman
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Editor: Donpraditaabbas
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler