Petugas Menemukan Adanya Cacing Hati pada Organ Hewan Kurban di Sukabumi

Selasa, 20 Juli 2021 19:55 WIB

Share
Ditemukan cacing sapi pada pemeriksaan organ hewan kurban oleh petugas DKP3 Kota Sukabumi. (Hendra)

SUKABUMI, POSKOTAJABAR.CO.IDPenyemeblihan hewan kurban di Kota Sukabumi pada Selasa, 20 Juli 2021, relatif aman. Hanya saja, petugas pemantau penyemblihan  Dinas Ketahanan, Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi menemukan adanya cacing hati pada organ sapi di dua lokasi berbeda.

"Berdasarkan laporan dari petugas di lapangan, ditemukan adanya cacing hati biasa pada dua ekor hewan kurban di dua titik berbeda," ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Sukabumi, Dian Sucianti, saat dihubungi melalui aplikasi whatsapp.

Dian menyebutkan, keberadaan cacing hati tersebut tidak terlalu berbahaya. Artinya, hewan tersebut masih layak untuk dikonsumsi. Caranya, tinggal membuang cacing hati yang ada di organ hewan kurban tersebut.

"Layak konsumsi, dibuang saja organ yang ada cacingnya. Tapi, kalau cacingnya banyak organ hatinya tidak boleh dimakan," kata Dian.

Dian menyebutkan, sampai saat ini pihaknya belum bisa menyebutkan jumlah total hewan kurban dan lokasi penyemblihan yang ada di Kota Sukabumi. Pasalnya, penyemblihan hewan kurban masih akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

"Datanya belum semua, masih pada input melalui google. Selain itu, pelaksanaannya pun masih berlangsung sampai  tanggal 23 Juli," terang dia.

Hingga saat ini, tambah Dian, pelaksanaan kurban di Kota Sukabumi berjalan aman dan lancar. Artinya, petugas pemantau dari DKP3 Kita Sukabumi belum menemukan hal - hal yang tidak diinginkan.

"Selain ditemukannya ada cacing hati pada dua hewan kurban, sementara ini masih aman," pungkasnya. (Hendra)

 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler