CATAT! Kemenkes Bagikan Tiga Tips Menaikkan Saturasi Oksigen dengan Mudah

Rabu, 21 Juli 2021 11:13 WIB

Share
Kemenkes Bagikan Tiga Tips Menaikkan Saturasi Oksigen (foto ist)

Cara sederhana yang bisa dilakukan saat pasien isolasi mandiri di rumah adalah teknik proning. Teknik pernapasan ini, pasien harus dalam posisi berbaring tengkurap untuk membantu meningkatkan saturasi oksigen.

 

Jika teknik ini sudah sering dilakukan namun belum membantu meningkatkan angka saturasi oksigen, segera ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan medis. Terutama jika angkanya sudah di bawah 92 persen. Sementara jika angka saturasi oksigen di bawah 80 persen, seseorang dianggap sudah memerlukan ventilator.

Dikutip dari Healt detik, Saturasi oksigen adalah jumlah oksigen yang beredar dalam darah. Sebagian besar oksigen dibawa oleh sel darah merah, yang mengumpulkan oksigen dari paru-paru dan mengirimkannya ke seluruh bagian tubuh. Berapa kadar saturasi oksigen normal pada lansia?

Banyak orang dengan COVID-19 memiliki kadar oksigen yang rendah dalam darah mereka, bahkan ketika mereka merasa sehat. Kadar oksigen yang rendah dapat menjadi tanda peringatan dini bahwa perawatan medis diperlukan.

 

Kadar saturasi oksigen lansia bisa diukur dengan alat bernama oksimeter. Para ahli telah merekomendasikan pasien COVID-19 untuk memiliki oksimeter dan mengecek saturasi oksigen mereka secara berkala.  (rin)

Halaman
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler