Jokowi Mundur Dari Kursi Kepresidenan, Refly Harun Bocorkan Kondisi Indonesia Jika Hal Itu Terjadi!

Rabu, 21 Juli 2021 08:37 WIB

Share
Presiden Jokowi. (setkab.go.id)

BANDUNG,JABAR.POSKOTA.CO.ID- Refly Harun Ahli hukum tata negara memberikan bocoran tentang kondisi di Indonesia apabila Joko Widodo (Jokowi) mundur dari kursi kepresidenan.

Menurut Refly, salah satu kemungkinan kuat yang bisa terjadi jika Jokowi tak lagi menjabat sebagai presiden yakni Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menggantikan posisi Jokowi hingga 2024 mendatang.

“Itu otomatis terjadi jika pergantiannya dilakukan lewat jalur konstitusi yang normal,” ujar Refly Harun sebagaimana dikutip poskota.co.id dalam video di kanal YouTube pribadinya pada Senin (19/7/2021).

Pria berusia 51 tahun itu mengatakan bahwa pergeseran kekuasan itu memang bisa saja terjadi apabila Jokowi mengundurkan diri dari jabatannya atau ia dimakzulkan (turun takhta).

“Apakah akan sama saja? Itulah konsekuensi bernegara, kecuali jika yang diminta mundur adalah keduanya,” terang Refly.

Refly beranggapan bahwa presiden dan wakil untuk kedudukan sementara akan jatuh kepada Triumvirat, yakni sebuah rezim politik yang didominasi oleh tiga orang penguasa, yang masing-masing disebut triumvir.

Pembentukannya dapat secara formal atau informal, dan meskipun biasanya ketiganya berkedudukan sama di atas kertas, tetapi dalam kenyataan hal ini jarang terjadi.

Di sini Triumvirat yang dimaksud adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“Lalu, dalam jangka waktu 60 hari, harus digelar pemilihan presiden dan wakil presiden oleh MPR,” imbuh Refly..

Akan tetapy Refly mengaku ragu dengan kemampuan Ma’ruf Amin dalam menggantikan peran Presiden Jokowi.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler