Simak! Berikut Sepuluh Makanan Penurun Kolestrol Tinggi

Rabu, 21 Juli 2021 07:53 WIB

Share
Makanan penurun kolestrol. (foto.Pinterest)

BANDUNG,JABAR.POSKOTA.CO.ID-  Kolesterol tinggi atau dislipidemia adalah ketidakseimbangan kolesterol akibat tingginya kadar kolesterol. Kolesterol merupakan senyawa yang ditemukan pada lemak/ lipid dalam darah Anda.

Komplikasi yang dapat terjadi pada penderita kolesterol tinggi atau dislipidemia adalah atherosclerosis. Ini merupakan akumulasi kolesterol dan deposit lainnya pada dinding pembuluh darah yang bersifat berbahaya.

Pada dasarnya tubuh memerlukan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat. Namun kadar kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan deposit/ simpanan lemak dalam pembuluh darah. Selanjutnya, deposit lemak tersebut akan menyebabkan kesulitan aliran darah yang dalam pembuluh darah arteri.

Akibat dari terhambatnya aliran darah tersebut, jantung tidak mendapat darah yang kaya akan oksigen. Hal inilah yang akhirnya meningkatkan risiko serangan jantung. Selain itu penurunan aliran darah dalam otak juga dapat menyebabkan stroke.

Berikut 10 makanan untuk atasi kolestrol tinggi

1.  Alpukat

Di dalam tubuh, terdapat dua jenis kolesterol yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) yang biasa disebut sebagai kolesterol jahat, dan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik. LDL atau kolesterol jahat membawa lemak ke seluruh tubuh.

Sementara HDL mengangkat kelebihan kolesterol dan membawanya kembali ke hati. Untuk menurunkan kadar LDL, konsumsi alpukat bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, nutrisi fitosterol dan polifenol. Karena itu, alpukat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kolesterol tetap seimbang.

2.  Kacang-kacangan

Pilihan makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi lainnya yaitu kacang-kacangan misalnya almond dan walnuts. Kacang-kacangan mengandung asam lemak sehat tak jenuh ganda dan tunggal. Selain itu, kacang-kacangan juga memasok vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3. Manfaat lainnya yaitu dapat mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko serangan jantung.

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler