Sudah Tidur Siang Tapi Badan Masih Terasa Lemas? Coba Ikuti Tips Berikut ini

Rabu, 21 Juli 2021 10:16 WIB

Share
Illustrasi tidur siang (foto Pexels)

Waktu adalah segalanya, dan Dr. Robbins menunjuk pada penelitian (seperti yang diterbitkan dalam jurnal Sleep) yang menyimpulkan sepuluh hingga 20 menit adalah waktu tidur siang yang sempurna. “Tidur siang kurang dari sepuluh menit tidak dapat menjamin efek stimulasi dari tidur siang, dan tidur siang selama 30 menit atau lebih dapat mengirim Anda ke zona tidur nyenyak, sehingga membuat Anda lebih sulit untuk bangun,” catatnya. Apa yang disebut "power nap" sekitar 20 menit seharusnya merupakan istirahat yang cukup untuk memungkinkan Anda mengatasi kelelahan sore hari tanpa meraih kafein atau stimulan lain yang akan merusak tidur malam Anda.

 

3. Waktu ideal untuk tidur siang antara jam 2 siang hingga 4 sore

Waktu yang ideal untuk tidur siang adalah pada sore hari antara sekitar pukul 2 dan 4 sore. “Suhu tubuh kita turun selama jam-jam ini, yang merupakan salah satu faktor yang terjadi bersamaan dengan waktu tidur di malam hari, yang semakin meningkatkan keinginan kita untuk tidur di sore hari," ujar Dr. Robbins.

 

4. Anda tidak harus tidur siang jika Anda mengalami insomnia

Sementara tidur siang dapat bermanfaat bagi banyak orang, Dr. Robbins memperingatkan bahwa satu kelompok yang tidak boleh tidur siang adalah mereka yang mengalami insomnia. "Orang-orang ini akan jauh lebih baik tidak tidur siang, dan membangun 'tekanan tidur' mereka, atau dorongan untuk tidur malam hari sehingga ketika waktu tidur mereka tiba mereka lelah secara optimal dan memiliki kesempatan terbaik untuk tidur malam," ujarnya.

 

5. Anda harus tidur siang di waktu dan tempat yang sama setiap hari kerja

Konsistensi adalah kuncinya, guys. Dr. Robbins memberi tahu bahwa tidur siang di waktu dan tempat yang sama setiap hari kerja membuat tubuh Anda terbiasa. "Anda tidak hanya akan tertidur lebih cepat, tetapi Anda juga akan belajar bangun tanpa alarm," ujarnya. (rin)

Halaman
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler