Jangan Lewatkan! Inilah Empat Fenomena Alam yang Terjadi di Bulan Juli 2021

Kamis, 22 Juli 2021 19:32 WIB

Share
Illustrasi fenomena alam (foto Pinterest)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID – Dalam periode bulan Juli 2021 ini masyarakat dunia akan dimanjakan dengan beberapa fenomena alam yang menakjubkan.

Bahkan fenomena alam tersebut bisa disaksikan di Indonesia, ketika pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) diketahui ada 4 fenomena alam yang akan terjadi mulai 13 Juli hingga akhir bulan ini.

Lantas apa saja fenomena alam yang akan terjadi bulan Juli 2021? berikut ulasannya:

1. Aphelion Mars

Mars akan mencapai titik terjauh dengan matahari (aphelion) pada pukul 08.36 WIB dengan jarak 249,2 juta km pada 13 Juli. Mars baru dapat diamati sejak pukul 18.40 WIB dari arah barat-barat laut selama 60 menit dengan magnitudo +1,83.

Orbit Mars yang lebih lonjong dibandingkan orbit Bumi membuat aphelion Mars lebih panjang 10,5% trhadap jarak rata-rata Mars ke Matahari. Aphelion Mars terjadi rata-rata setiap 687 hari sekali.

 

2. Matahari di Atas Kakbah

Fenomena Matahari di atas Kabah akan terjadi pada 15 Juli mendatang. Fenomena yang juga disebut istiwa'ul A'zham (great culmination) ini terjadi ketika deklinasi Matahari bernilai sama dengan lintang geografis Ka'bah.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler