Waspada! Tidak Hanya Timbulkan Gangguan Pernapasan, Pandemi Covid-19 Ternyata Juga Bisa Buat Seseorang Alami Coronasomnia, Apa Itu?

Kamis, 22 Juli 2021 11:01 WIB

Share
Ilustrasi sakit batuk. (foto: Unsplash)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID.

Sepertinya kita semua tahu bahwa utamanya Covid-19 bisa menyerang sistem pernapasan manusia, tetapi ternyata efek negatif yang ditimbulkannya tidak hanya itu saja.

Pandemi Covid-19 ternyata bisa juga membuat seseorang mengalami gangguan bernama Coronasomnia, apa itu? Yakni sebuah gangguan yang dialami manusia dan ditandai dengan peningkatan masalah tidur selama pandemi, serta gejala kecemasan, depresi, dan juga stres.

Meskipun gejala yang ditimbulkan sama dengan Insomnia, tetapi coronasomnia berbeda karena gangguan ini terkait dengan pandemi Covid-19.

"Orang-orang tampaknya melaporkan lebih banyak 'kelelahan' dengan pandemi. Ini bisa terkait dengan kurang tidur, peningkatan stres, gejala suasana hati, penurunan olahraga, dan penurunan paparan cahaya dengan lebih banyak waktu di dalam ruangan," ucap penyedia obat tidur perilaku Lisa Medalie.

 

Dalam pekerjaannya, Lisa mengatakan mereka melihat semakin banyak masalah tidur, termasuk berbaring di ranjang tetapi tetap terjaga di malam hari karena terus memikirkan tentang pandemi.

“Penelitian menunjukkan bahwa 58 persen orang mengalami kesulitan tidur, dan telah terjadi peningkatan 20 persen dalam penggunaan obat tidur,” kata Lisa

“Orang-orang tampaknya terjebak dengan pikiran mereka yang berpacu tentang keuangan, homeschooling, tantangan pekerjaan, ketakutan akan kesehatan, ketidakpastian, dan perjuangan untuk beralih ke dan kembali tidur,” sambungnya.

Hal ini sering menimbulkan ketakutan akan konsekuensi tentang tidak lagi dapat hidup pada keesokan harinya. Stres itu berkontribusi pada lebih banyak masalah tidur, dan siklusnya berlanjut.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler