Vitamin C Bantu Pemulihan Covid-19, ini Dosis yang Disarankan

Sabtu, 24 Juli 2021 07:20 WIB

Share
Illustrasi Vitamin C (foto Pexels)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Vitamin yang banyak terdapat pada buah dan sayuran berwarna ini sudah direkomendasikan dalam tata laksana untuk pasien COVID-19, baik klasifikasi ringan, sedang, maupun berat.

Sudah umum diketahui bahwa vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Vitamin C bersifat antioksidan yang berperan untuk menurunkan reaksi inflamasi atau peradangan di dalam tubuh.

Vitamin ini juga dapat memengaruhi imunitas seluler, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan imun seseorang.

 

Tidak hanya itu, vitamin C juga mampu memperbaiki integritas pembuluh darah sebagai cofactor berbagai reaksi enzimatik yang terjadi di dalam tubuh.

Dia juga membantu penyerapan besi dari makanan, meningkatkan produksi kolagen, dan yang terpenting vitamin C dapat membantu mempercepat penyembuhan luka atau pun memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Tities A. Indra, Sp.PD, menerangkan, dosis vitamin C yang dibutuhkan orang dewasa adalah sekitar 500-1000 mg per hari. Lalu, apa saja manfaat vitamin C dalam membantu memerangi infeksi virus SARS-CoV-2 atau COVID-19?

Dokter Tities mengatakan, pada kondisi infeksi COVID-19 terjadi proses inflamasi atau peradangan di dalam tubuh pasien. Di mana terjadi peningkatan berbagai sitokin inflamasi, stres oksidatif, infeksi yang berat atau dikenal dengan istilah sepsis, hingga terjadi accute respiratory distress syndrome.

"Pemberian vitamin C di sini ditujukan sebagai antioksidan yang membantu meredakan proses inflamasi, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh sehingga pasien menjadi lebih cepat pulih," ujar Tities, Kamis.

Tities menambahkan, data-data yang dia sampaikan tentunya sudah didukung oleh beberapa penelitian yang dilakukan di berbagai negara.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler