Alami Anosmia, Anda Wajib Jauhi 3 Jenis Makanan Ini, Kalau Tetap Dimakan Malah Bikin Kondisi Makan Parah

Minggu, 25 Juli 2021 21:00 WIB

Share
Mengenal Anosmia yang selalu disangkutkan dengan gejala Covid-19. (foto. Pinterest)

POSKOTAJABAR.CO.ID - Tidak dapat mencium bau atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah Anosmia menjadi salah satu gejala paling umum yang dialami pasien Covid-19.

Adapun Anosmia akibat Covid-19 cukup dilematis, karena meski tergolong gejala ringan, namun cukup berdampak terhadap nafsu makan.

Anosmia merupakan gejala neurologis berupa kehilangan penciuman sementara yang membuat selera makan turun.

Tak hanya tidak bisa mencium bau, biasanya indra perasa penderitanya juga ikut terganggu.

Gangguan pada indera perasa ini banyak dilaporkan sebagai gejala ringan oleh mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini kemudian memengaruhi selera makan.

Kehilangan selera makan, apalagi saat sakit, tentu tidak menyenangkan. Bagaimanapun, tetap makan makanan bergizi tidak bisa dikesampingkan walaupun mengalami anosmia.

Pakar teknologi pangan dari Chlorophyll Scientific Consulting, Daisy Irawan, menyarankan agar pasien tetap berpedoman pada konsep asupan gizi Empat Sehat Lima Sempurna.

"Artinya terdiri dari beraneka ragam makanan, tentunya dengan gizi yang cukup. Nasi sebaiknya jangan terlalu banyak, tapi sayuran dan buah ditambah,” ujarnya seperti dilansir dari Kompas.com, Sabtu (24/7/2021).

Namun, ia pun mengingatkan agar pasien juga memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi selama menjalani isolasi mandiri.

Harus diingat, tiga pantangan makanan berikut harus dijauhi agar tubuh kuat melawan virus corona:

Halaman
1 2 3 4
Editor: Donpraditaabbas
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler