Inilah Cara Cek Sertifikat Vaksin di Web PeduliLindungi

Minggu, 25 Juli 2021 10:41 WIB

Share
Web PeduliLindungi (foto ist)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Sertifikat vaksin kini menjadi dokumen yang penting, bukan hanya untuk status kesehatan kita, namun juga sebagai pelengkap berkas perjalanan.

Setiap orang yang sudah divaksin akan mendapatkan sertifikat vaksin sebagai tanda bukti. Isinya berupa status vaksinasi termasuk keterangan dosis yang telah didapatkan.

Banyak yang mengira sertifikat ini harus dicetak baru bisa digunakan sebagai dokumen perjalanan. Karena salah kaprah ini, banyak jasa cetak sertifikat vaksin yang beredar online dengan harga yang juga beragam.

 

 

Sekilas, layanan ini memang amat memudahkan karena terkesan lebih praktis. Jika dicetak, kita bisa sewaktu-waktu mengeluarkan kartu vaksin dari dompet, sepert KTP, misalnya ketika sedang ada pemeriksaan.

Namun mencetak sertifikat vaksin berarti mengumbar data pribadi kita ke orang tak dikenal. Akan ada risiko jika data kita disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab yang efeknya bisa saja merugikan.

Sebenarnya, pemerintah sudah menyediakan cara mudah bagi kita untuk mengakses sertifikat vaksin. Cara dengan mengunjungi situs PeduliLindungi di https://www.pedulilindungi.id.

Tak perlu repot pasang aplikasi di ponsel atau mencetak sertfikat vaksin yang berisiko. Seperti apa caranya?

 

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler