Inilah Tiga Cara Mencairkan Daging yang Beku

Minggu, 25 Juli 2021 10:24 WIB

Share
Illustrasi Daging beku (foto pexels)

Metode Air Dingin

Cara mencairkan daging beku menggunakan air dingin sangat cepat cair dan terbilang aman. Cara ini juga jauh lebih cepat dibandingkan dengan mencairkannya di dalam suhu kulkas. Namun, daging yang telah dicairkan dengan menggunakan air ini harus segera mungkin dimasak.

Cara mencairkannya, masukkan daging ke dalam kantong yang bisa ditutup rapat atau plastik pouch yang bisa melindungi daging agar tidak terserang bakteri yang ada di dalam air atau udara. Pilihlah kantong plastik yang berukuran besar dan tutup rapat kantong tersebut sambil mengeluarkan udara yang ada di dalamnya.

Setelah itu, rendam kantong yang berisi daging ke dalam mangkuk yang telah diiisi air dingin. Biarkan daging terendam dengan penuh hingga dagingnya benar-benar mencair. Setiap 30 menit sekali, buang airnya dan isi kembali dengan air yang baru. Ini berguna supaya air tetap dingin dan segar.

Setelah es yang terdapat pada daging mencair, kamu bisa sesegera mungkin memasaknya. Hal ini perlu dilakukan sebab daging tersebut telah terpapar suhu yang hangat. Karenanya, daging harus segera dimasak dan jika ingin membekukannya kembali, harus tetap memasaknya terlebih dahulu.

 

 

Menggunakan Microwave

Cara mencairkan daging beku berikutnya dengan menggunakan microwave. Cara ini terbilang cukup mudah dilakukan dan aman. Hal ini karena microwave bisa mencairkan daging beku hanya dalam waktu beberapa menit. Namun, mencairkan daging dengan microwave bisa membuat daging matang sebagian atau membuatnya menjadi keras sehingga mempengaruhi kualitas makanan.

Halaman
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler