Hati-hati Pakai Handuk Keseringan, Ini Batas Waktu Cuci yang Direkomendasikan Ahli Kesehatan

Selasa, 27 Juli 2021 14:29 WIB

Share
Sumber Unplash

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Setelah digunakan untuk mengeringkan tubuh Anda usai mandi, handuk juga perlu dicuci agar tak menjadi tempat perkembangbiakan bakteri dan patogen jahat lainnya.

Tetapi seberapa sering seharusnya Anda mencuci handuk?

Pakar dermatologi dari Riverchase Dermatology, Stacy Chimento seperti dikutip dari Livestrong merekomendasikan Anda mencucinya setelah tiga hingga empat kali penggunaan atau minimal seminggu sekali.

 

Tetapi bila Anda mandi di gym dan mengemas handuk basah Anda di tas olahraga (yang merupakan tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman lainnya), maka gunakan handuk baru setiap hari, menurut Cleveland Clinic.

Handuk tangan dan waslap bahkan harus dicuci lebih sering daripada handuk untuk mandi karena lebih sering digunakan.

Sebuah studi pada September 2014 dalam Food Protection Trends menemukan bakteri pada 89 persen handuk tangan yang digunakan untuk mengeringkan piring, tangan, dan permukaan lain di dapur.

Kemudian, handuk tangan yang tergantung di kamar mandi mungkin mengandung bakteri lebih dari itu.

Menurut studi, ini karena orang membiarkan tutup toilet terbuka saat menyiram, menyebabkan patogen (jahat) menyebar ke udara dan menempel di handuk Anda.

 

Halaman
1 2 3 4
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler