Lahan Perkebunan Seluas 3 Hektare Milik Warga di Pangandaran Terbakar

Kamis, 29 Juli 2021 05:14 WIB

Share
Warga berusaha memadamkan lahan perkebunan  warga yang terbakar di Pangandaran. (foto: ist)
Warga berusaha memadamkan lahan perkebunan  warga yang terbakar di Pangandaran. (foto: ist)

PANGANDARAN, POSKOTAJABAR.CO.ID-

Sekitar tiga hektare lahan perkebunan milik warga setempat di RW 02 Dusun/Desa Karangmulya, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat terbakar, Rabu, 28 Juli 2021 malam.

Kobaran api yang terus merambat ke lahan perkebunan itu, pertama kali diketahui warga setempat pada pukul 19.00 WIB. Supaya kebakaran tidak meluas, para pemuda dan warga setempat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya sembari menunggu mobil pemadam kebakaran tiba.

Ketua RW 02 Dusun Karangmulya, Suyatman, mengatakan, upaya pemadam yang dilakukan warga dengan menggunakan alat seadanya agar api tidak merembet lebih luas sambil menunggu petugas pemadam kebakaran (Damkar).

"Kami berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Alhamdulilah berkat kesigapan warga dan pemuda setempat kobaran api dapat segara dijinakan," ujarnya kepada POSKOTAJABAR.CO.ID, Rabu, 28 Juli 2021.

Suyatman menyebutkan, untuk nilai kerugian belum diketahui secara pasti, lahan milik warga yang terbakar ditanami pohon jati. "Sebagian pohon jati ada yang terbakar, luas lahan sekitar tiga hektare," katanya.

Tidak berselang lama, dua unit mobil Pemadam Kebakaran BPBD Pangandaran tiba di lokasi kejadian. Guna mengantisipasi adanya api yang belum sempat dipadamkan, maka petugas pemadam kebakaran bersama warga langsung melakukan pengecekan di lokasi kejadian di beberapa titik.

"Kita antisipasi saja, takutnya masih ada percikan api yang masih menyala. Apalagi, disini lokasinya cukup jauh dari jalan raya, dan mobil Damkar tidak bisa sampai titik lokasi lahan yang terbakar," tandasnya, (dry)

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler