8 Bahaya Minum Kopi Pada Saat Haid 

Jumat, 30 Juli 2021 21:56 WIB

Share
Illustrasi kopi (foto Unplash)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Bahaya minum kopi pada saat haid bagi wanita ternyata dapat berdampak cukup mematikan hingga membahayakan kesehatan. Saat ini tren minum kopi menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan semua orang termasuk wanita.

Minum kopi di sebuah kafe menjadi salah satu bagian pergaulan. Kopi adalah minuman yang mengandung kafein dan sekarang bisa dihidangkan dalam berbagai kombinasi bahan seperti gula, susu dan krim. Kopi banyak disukai karena rasanya yang nikmat dan dipercaya bisa menahan rasa kantuk. Karena itu minum kopi sering dianggap sebagai salah satu minuman yang bisa membuat tubuh merasa lebih mampu untuk bekerja.

Tapi, wanita dewasa yang mengalami periode menstruasi merasa ragu untuk minum kopi saat periode itu datang. Ada beberapa dampak bahaya yang dipercaya disebabkan karena minum kopi saat menstruasi. Berikut ini beberapa bahaya yang bisa dialami oleh wanita yang minum kopi saat menstruasi.

 

Resiko Kanker Payudara

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Joseph Mercola, wanita yang suka minum kopi pada saat sedang menstruasi lebih banyak memiliki kesempatan terkena kanker payudara. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein yang tinggi pada kopi bisa menyebabkan kadar estrogen yang terlalu tinggi dalam tubuh. Hal ini sering ditandai dengan kondisi badan yang tidak nyaman dan perasaan emosi yang tidak stabil. Selain itu minuman bersoda dan berpengawet juga bisa meningkatkan resiko yang sama.

 

Resiko Kanker Endometrium

Kanker endometrium juga bisa mengancam wanita yang sering minum kopi selama masa periode menstruasi. Kafein yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan kadar estrogen yang terlalu tinggi dalam tubuh. Akibatnya maka terjadi penebalan lapisan dinding rahim. Sel telur yang memecah karena tidak dibuahi dan sudah menempel pada dinding rahim tidak bisa lepas seutuhnya. Kemudian sel yang telah rusak ini akan terus menempel dan bisa menjadi sel kanker dalam beberapa waktu.

 

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler