8 Bahaya Minum Kopi Pada Saat Haid 

Jumat, 30 Juli 2021 21:56 WIB

Share
Illustrasi kopi (foto Unplash)

 

Kram Perut

Rasa sakit yang parah pada bagian bawah perut memang sangat wajar ketika sedang menstruasi. Kram menjadi rasa yang paling tidak menyenangkan. Namun ketika wanita tetap minum kopi selama menstruasi maka bisa menyebabkan rasa sakit perut karena kram yang lebih buruk. Hal ini disebabkan karena kafein bisa membuat efek diuretik yang menyebabkan produksi urin meningkat drastis. Bahkan jika tidak minum cukup air putih maka bisa menyebabkan dehidrasi. Kram perut juga sering menyebabkan diare karena kafein meningkatkan kerja usus dan membuat usus menjadi sangat sensitif.

 

Resiko Sindrom Fibrokistik Payudara

Wanita yang sedang mengalami menstruasi biasanya memiliki payudara yang lebih kenyal dan padat. Kondisi ini bahkan terjadi sebelum masuk ke masa menstruasi.  Payudara yang lebih padat disebabkan karena ada benjolan yang terbentuk pada payudara yang sebenarnya berisi cairan. Ini adalah benjolan yang bukan termasuk sebagai kanker dan biasanya akan melembut saat menstruasi selesai. Namun ternyata efek kafein bisa meningkatkan jumlah benjolan yang berisi cairan dan garam sehingga nyeri payudara bisa menjadi lebih buruk.

 

Menstruasi Sangat Pendek

Wanita yang minum kopi selama menstruasi bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi lebih pendek. Kondisi ini disebabkan karena kafein bisa menyebabkan gangguan pembuluh darah yang bisa membuat aliran darah kea rah uterus menjadi tidak lancar. Kemudian kondisi ini akan membuat volume darah selama menstruasi berkurang banyak. Efek jangka panjangnya adalah wanita akan mengalami menstruasi yang tidak teratur dan bisa menyebabkan gangguan kesuburan. (rin)

Halaman
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler