Apa Itu Chromebook? Laptop Merah Putih yang Dipesan Kemendikbud

Sabtu, 31 Juli 2021 13:48 WIB

Share
Illustrasi Chromebook (foto Acer)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Belakangan ini, laptop merah putih yang akan diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada para pelajar, yakni laptop Chromebook, menjadi sorotan karena spesifikasinya yang disebut-sebut tidak sesuai dengan anggaran yang disiapkan.

Sebelumnya, Pemerintah berencana untuk mengalokasikan dana sebesar Rp2,4 triliun untuk pengadaan sebanyak 240 ribu laptop yang bertujuan untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PBB).

Rencananya, 240 ribu laptop beserta peralatan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) itu akan disebarkan ke 15.656 sekolah yang sudah mengajukan. Selain laptop, yang dimaksud peralatan TIK tersebut adalah wireless router, konektor, printer, dan scanner.

 

Namun, yang menarik perhatian netizen, terutama di media sosial Twitter, adalah spesifikasi laptop untuk para pelajar yang hanya spesifikasi Chromebook.

“Bener2 emosi memuncak melihat “Laptop merah putih” seharga 10 juta yang akan dibeli pemerintah, ternyata hanya spesifikasi Chrome Book. Bahkan sebuah chrome Book Baru harganya Gak sampe 5 juta. Gede amat selisih harganya!!” tulis salah satu netizen di Twitter @rasjawa.

 

Apa itu Chromebook?

Bagi sebagian orang, mungkin Chromebook masih terdengar asing. Chromebook merupakan laptop two-in-one yang menggunakan sistem operasi ChromeOS. Sekilas, bentuknya memang mirip dengan laptop biasa pada umumnya, yakni Windows dan MacOS.

Namun, sebenarnya terdapat perbedaan signifikan pada laptop ini. Dikutip dari CNET, Chromebook pertama kali muncul pada tahun 2011. Berbeda dengan laptop biasa, laptop ini memiliki banyak keterbatasan pada fungsinya dan bergantung pada koneksi internet.

Halaman
1 2 3
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler