Ini Sejarah Pesawat Kepresidenan dari Masa Kepemimpinan Soekarno Sampai ke Jokowi, Mana yang Paling Keren?

Rabu, 4 Agustus 2021 15:50 WIB

Share

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Sudah hal yang sewajarnya jika setiap kepala negara atau Presiden mempunyai pesawat khusus yang biasanya digunakan untuk melakukan perjalanan kunjungan kerja ke dalam ataupun luar negeri.

Tak terkecuali dengan presiden di Indonesia, sejak era Presiden Soekarno sampai dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata memiliki jenis pesawat yang selalu berganti dan berbeda-beda sesuai dengan selera dan keperluan masing-masing presiden.

 

Lantas apa saja pesawat yang digunakan presiden di Indonesia dari masa ke masa? Berikut rinciannya.

 

Presiden Soekarno (1945-1967)

Pesawat kepresidenan pertama yang digunakan oleh Presiden Soekarno adalah Ilyushin Il-18. Pesawat tersebut merupakan pemberian dari pemerintah Uni Soviet. Pesawat tersebut diberi nama Dolok Martimbang dan digunakan Soekarno untuk kunjungan dalam negeri.

Selain itu, Presiden Soekarno juga memiliki pesawat yang diberikan oleh presiden Amerika Serikat, John F Kennedy, yakni pesawat Lockheed C-140 Jetstar.

Dari pesawat C-140 Jetstar itu, ada tiga pesawat yang tersedia untuk mendukung kinerja Soekarno dalam melakukan kunjungan ke luar negeri dan dalam negeri. Tiga pesawat itu memiliki nama 'Sapta Marga', 'Irian' dan 'Pancasila'.

 

Halaman
1 2 3 4
Reporter: Ririn
Editor: Ririn
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler