Ternyata Ini Loh Efek Penerima Vaksin Sinovac Jika Sudah Disuntik Dosis Ketiga, Bisa Bikin Kebal dari Covid-19?

Rabu, 4 Agustus 2021 11:51 WIB

Share

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Kementerian Kesehatan RI sudah menegaskan bahwa vaksin Sinovac hanya mampu memberikan kekuatan antibodi manusia dari serangan virus Corona selama 6 bulan saja setelah disuntik vaksin tersebut.

Maka dari itu, bagi seluruh penerima vaksin Sinovac nantinya setelah 6 bulan perlu melakukan suntik vaksin lagi untuk dosis ketiga alias booster.

Tentu saja pemberian dosis ketiga ini sebagai pemerkuat antibodi manusia untuk dapat melawan serangan Covid-19, tetapi untuk saat ini yang berhak atau diprioritaskan mendapat vaksin dosis ketiga adalah para garda terdepan yakni Tenaga Kesehatan (Nakes).

 

Berdasarkan tim peneliti asal China menjelaskan dalam hasil penelitian yang mereka lakukan bahwa antibodi dari vaksin Sinovac tidak akan bertahan lama dan mulai akan menurun pada 6 sampai dengan 8 bulan setelah vaksinasi.

Dalam penelitian yang diterbitkan olejh MedRxiv, Minggu (25/7/2021) terlihat jelas bahwa uji coba penyuntikan dosis ketiga vaksin Sinovac akan diatur ke dalam dua skenario. Pertama, relawan menerima dosis ketiga vaksin 28 hari setelah dosis kedua diterima.

Sedangkan untuk scenario yang kedua para relawan dapat menerima dosis ketiga vaksin Sinovac 6 bulan atau lebih setelah dosis kedua disuntikkan dan ternyata skenario kedua ini terbukti mempunyai efektivitas yang tinggi.

 

"Dosis ketiga CoronaVac yang disuntikkan 6 bulan atau lebih setelah dosis kedua dengan efektif memicu kembali respon imun spesifik untuk SARS-CoV-2, menghasilkan sebuah peningkatan signifikan pada level antibodi," bunyi laporan penelitian itu.

Akan tetapi Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi sebelumnya sempat menerangkan bahwa pemberian vaksin dosis ketiga baru bisa diberikan setelah 12 bulan dari seseorang melakukan suntikan vaksin dosis pertama.

Halaman
1 2
Reporter: Ririn
Editor: Ririn
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler