Mulai Agustus, SIM C Dibagi Tiga Golongan, Ini Jenis dan Biayanya

Kamis, 5 Agustus 2021 15:51 WIB

Share

BANDUNG, JABAR,POSKOTA.CO.ID – Penggolongan SIM C menjadi tiga jenis rencananya akan mulai berlaku pada Agustus 2021.

Korlantas Polri bakal memberlakukan penggolongan untuk surat izin mengemudi tipe C (SIM C) Agusutus ini. Terdapat tiga golongan SIM C, yakni SIM C, SIM CI, dan SIM CII. Ketiga penggolongan ini berdasarkan kapasitas mesin sepeda motor. Korlantas Polri mulai mensosialisasikan penggolongan tersebut.

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Yusuf mengatakan, awalnya aturan penggolongan SIM C ini direncanakan berlaku mulai Agustus 2021. Namun, karena saat ini masih ada pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), akhirnya saat ini masih dilakukan sosialisasi. ”Prioritasnya PPKM dulu,” paparnya kemarin.

 

Dalam peraturan kepolisian Nomor 5/2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM disebutkan bahwa terdapat tiga jenis SIM. SIM C untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin hingga 250 cc. Lalu, SIM CI diperuntukkan sepeda motor dengan kapasitas mesin antara 250 cc hingga 500 cc. Untuk SMI CII ditujukan bagi pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 500 cc. ”Pembedanya kapasitas isi silinder mesin,” terangnya.

Yang penting, walaupun terdapat tiga penggolongan SIM C. Namun, biaya pembuatan SIM C ketiga golongan itu tetap sama Rp 100 ribu. Untuk biaya perpanjangannya juga masih sama, ketiga golongan SIM C itu hanya Rp 75 ribu.  ”Biaya pembuatan tidak berubah,” terang jenderal berbintang satu tersebut.

Pembagian tersebut yakni pertama untuk pengemudi motor dengan kapasitas mesin hingga 250cc.

 

Kemudian motor di atas 250cc hingga 500cc, serta motor di atas 500cc atau motor listrik.

Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polri AKBP, Arief Budiman, menuturkan biaya pembuatannya sesuai regulasi yang berlaku saat ini.

Halaman
1 2 3
Reporter: Ririn
Editor: Ririn
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler