7 Tips Menenangkan Diri dari Stres

Minggu, 8 Agustus 2021 10:00 WIB

Share
Ilustrasi. (foto: Unsplash)

 

3. Membantu orang lain

Apabila rutinitas harian mulai membuat pikiran Anda tak tenang, cobalah alihkan perhatian dengan membantu orang lain. Orang yang dibantu dapat dimulai dengan yang paling dekat, termasuk sahabat dan keluarga.Selain membantu teman dan orang terdekat, Anda juga dapat membantu orang lain di luar lingkar pertemanan. Beberapa ide yang bisa Anda ambil untuk aktivitas sosial, yaitu melakukan bakti sosial di panti jompo, yayasan anak penderita HIV/AIDS, atau yayasan anak berkebutuhan khusus.

 

4. Berolahraga

Anda mungkin sudah sering mendengar tips ini. Namun, berolahraga memang memang menjadi cara menenangkan pikiran yang bisa dilakukan. Para ahli menyebutkan, orang yang rutin berolahraga memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami kecemasan dalam pikiran.Ada beberapa alasan yang membuat olahraga membantu menenangkan pikiran. Pertama, olahraga dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang menjadi hormon stres. Kedua, olahraga dapat merangsang tubuh melepaskan endorfin, senyawa kimiawi yang membantu memperbaiki mood.Selain itu, olahraga juga memperbaiki kualitas tidur serta meningkatkan kepercayaan diri.Beberapa olahraga yang bisa dipilih yaitu jalan santai, menari, dan jogging.

 

5. Menggunakan minyak aromaterapi

Aromaterapi adalah terapi penanganan kondisi psikologis dan medis dengan menggunakan minyak atsiri. Minyak atsiri berasal dari berbagai bunga dan tumbuhan. Beberapa jenis minyak atsiri yang digunakan untuk aromaterapi yaitu minyak lavender, minyak mawar, sandalwood, dan minyak geranium.

Aromaterapi menjadi salah satu cara menenangkan pikiran yang populer. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak aromaterapi dapat meringankan rasa cemas dan meningkatkan kualitas tidur.Untuk aplikasinya, Anda dapat memasukkan minyak atsiri ke dalam diffuser yang telah diisi air. Kemudian, biarkan aroma harum minyak atsiri memenuhi ruangan kamar.

 

6. Mengunyah permen karet

Seiring pertambahan usia, Anda mungkin tak lagi mau mengunyah permen karet. Namun ternyata, mengunyah permen karet merupakan salah cara menenangkan pikiran yang bisa dilakukan. Menurut ahli, orang yang mengunyah permen karet memiliki rasa gembira yang lebih baik serta memiliki risiko yang lebih rendah terhadap stres.

 

7. Tidak menunda tugas dan pekerjaan

Buatlah daftar prioritas yang harus dikerjakan dan berkomitmen untuk tidak menunda dalam menyelesaikannya. Sebab, menunda pekerjaan atau dikenal dengan “procrastinating” boleh jadi merupakan pemicu stres dan pikiran yang terus bergejolak.Untuk mengawalinya, buatlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan berdasarkan prioritas. Kemudian, Anda harus menetukan tenggat waktu yang sesuai dan mulailah kerjakan tugas tersebut.***

Halaman
Reporter: Dikki Wahyu Afandi
Editor: Dikki Wahyu Afandi
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler